Wujud Nasionalisme, MTsN 3 Maluku Tenggara Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

MTSN 3 MALUKU TENGGARA Berita Satker 01 Juni 2024 95 kali Wujud Nasionalisme, MTsN 3 Maluku Tenggara Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Suasana Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila MTsN 3 Maluku Tenggara

Elat, Maluku Tenggara, 1/06/2024 - Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni, keluarga besar MTsN 3 Maluku Tenggara dan MIN 2 Maluku Tenggara menggelar upacara di halaman MTsN 3 Maluku Tenggara.


Kegiatan ini Berdasarkan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nomor SE. 16 Tahun 2024 tanggal 29 Mei 2024 tentang Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024


Upacara dimulai pukul 07.00 WIT diikuti seluruh guru, karyawan dan siswa MTsN 3 Maluku Tenggara dan MIN 2 Maluku Tenggara. Dalam upacara tersebut PLH Kepala MTsN 3 Maluku Tenggara Halima Lakuy, S.PdI bertindak selaku Inspektur Upacara dan pembaca Pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

Pelaksanaan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila berjalan lancar dan hidmah, para petugas melaksanakan tugasnya dengan baik dan bendera merah putih berkibar di tiang bendera.


Dalam sambutannya Inspektur Upacara membacakan Pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila yang bertemakan , “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.


Peringatan Hari Lahir Pancasila memiliki makna penting bagi bangsa Indonesia. Pancasila sebagai dasar negara menjadi pijakan dalam membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dengan mengibarkan semangat gotong royong, diharapkan masyarakat bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.


Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat nasionalisme kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua untuk kejayaan bangsa dan negara Indonesia. Pesan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dalam pidatonya yang dibacakan oleh Halima Lakuy, S.PdI. (SK)