Sosialisasi Pencegahan Stunting Dalam Perspektif Islam Oleh PAI Kemenag Malra

Hamza Rabrusun Berita Satker 16 Mei 2024 3460 kali Sosialisasi Pencegahan Stunting Dalam Perspektif Islam Oleh PAI Kemenag Malra

Langgur, Inmas-16/05/2024. Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara, Hamzah Rabrusun, Jisman Derwotubun, Rini Latar, Sitti Nurhamima Narahaubun, Fitrotussalama Z. Matdoan, dan Fatmawatty D. Tukloy melaksanakan kegiatan bimbingan dan penyuluhan tentang pencegahan stunting kepada ibu-ibu majelis taklim Nurul Huda Ohoidertawun, Kamis, 16 Mei 2024

Kegiatan ni berlangsung di rumah Ketua Majelis Taklim Nurul Huda dan dihadiri oleh para anggota Majelis Taklim.

Kegiatan diawali dengan tadarus dengan membaca ayat-ayat yang seara tematik relevan dengan pencegahan stunting.

Selanjutnya penyuluh Hamzah Rabrusun menguraikan makna dan kandungan ayat yang disertai dengan fakta-fakta empiris tentang baagaimana membangun generasi kuat dalam perspektif Islam.

Rabrusun dalam tausiyahnya menjelaskan bahwa stunting kini menjadi salah satu program prioritas pemerintah karena merupakan masalah gizi kronis yang timbul akibat kurangnya asupan gizi secara berkelanjutan, yang pada gilirannya mengganggu pertumbuhan anak. 

Dalam pandangan Islam, pencegahan stunting dianggap sebagai tanggung jawab penting yang harus diemban oleh masyarakat muslim, sejalan dengan perintah Allah yang mengajarkan untuk tidak menjadi kaum yang lemah, sebagaimana tertuang dalam QS. An-Nisa ayat 9.

Hamza menambahkan bahwa terdapat dua faktor penyebab utama stunting, yaitu kurangnya asupan makanan bergizi dan lingkungan yang tidak bersih.

Menurutnya, makanan bergizi adalah makanan yang memenuhi prinsip 4 sehat 5 sempurna, sementara dalam Islam, makanan yang dianjurkan adalah Halalan Thoyyibah (QS. Al-Baqarah:168). 

Kebersihan lingkungan juga sangat ditekankan dalam Islam, karena Allah SWT menyukai orang yang bersuci atau bersih (QS. Al-Baqarah: 222), dan kebersihan juga merupakan bagian dari iman.

Pada akhir tausiyahnya, Hamza Rabrusun menghimbau kepada para ibu untuk membantu menyampaikan informasi tentang stunting kepada keluarga dan masyarakat di Ohoidertavun. 

Diharapkan dengan upaya ini, angka stunting dapat berkurang dan generasi muda dapat tumbuh dengan sehat, kuat, dan cerdas sesuai dengan ajaran Islam yang menekankan kekuatan dan keberkahan.