Ufuk Tertutup Awan Tebal, Tim Rukyat Kemenag Maluku Tenggara Tak Berhasil Amati Hilal Awal Syawal

Humas Berita Utama 09 April 2024 44 kali Ufuk Tertutup Awan Tebal, Tim Rukyat Kemenag Maluku Tenggara Tak Berhasil Amati Hilal Awal Syawal

Langgur, 9/4/2024 - Tim Rukyatul Hilal  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Maluku Tenggara hari ini , Selasa, 9/4/2024,  melaksanakan pengamatan hilal awal bulan Syawwal 1445 H/2024M.

Pengamatan dilaksanakan di Desa Ngilngof Kecamatan Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara dan Sekretaris PBNU Gus Fesal Saimima.

Pada pengamatan kali ini, Tim Rukyat tidak berhasil memantau hilal dikarenakan tebalnya awan hitam di ufuk barat.

Meski demikian, berdasarkan hasil perhitungan Tim Hisab Kemenag Maluku Tenggara, ketinggian hilal mencapai 5,7 derajat dihitung dari pusat piringan biulan dan elongasi geosentrik mencapai ketinggian 8,69 derajat. Ini berarti besar kemungkinan 1 syawal jatuh keesokan harinya yaitu hari Rabu, 10 April 2024.

Kepala Kantor Kemenag Maluku Tenggara mengatakan meskipun berdasarkan hisab, tinggi hilal sudah memenuhi kriteria imkanurrukyat akan tetapi kita akan menunggu hasil sidang penetapan awal syawal oleh Menteri Agama RI yang akan dilaksanakan malam ini.

"Kondisi cuaca yang tidak mendukung telah menghambat proses pengamatan dan sudah dilaporkan di Kanwil Kemenag Provinsi Maluku melalui Bidang Bimas Islam. Keputusan tanggal 1 Syawal kita menunggu penetapan Menteri Agama'. ungkapnya.

Ia berharap, umat Islam khususnya di Maluku Tenggara dapat menunggu keputusan pemerintah tentang peneraoan 1 Syawal 1445H yang akan disiarkan di media-media nasional.