Sepi Peminat, Seleksi Petugas Haji 2024 Di Kemenag Maluku Tenggara Hanya Diikuti 5 Peserta

Humas Berita Utama 23 Desember 2023 279 kali Sepi Peminat, Seleksi Petugas Haji 2024 Di Kemenag Maluku Tenggara Hanya Diikuti 5 Peserta Pembukaan Kegiatan Seleksi Petugas Haji 2024 Di Aula PLHUT

Langgur-Inmas - Rekrutmen Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kelompok Terbang (Kloter) dan PPIH Arab Saudi tahun 2024 hari ini digelar secara serentak di seluruh Indonesia. Di berbagai daerah, seleksi hari ini diikuti oleh banyak peserta. Namun tidak demikian dengan yang terjadi di Kantor Kemenag Kabupaten Maluku Tenggara.

Seleksi Petugas haji 2024 di kemenag Maluku Tenggara sepi peminat. Tes CAT berlangsung di Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu  Kemenag Maluku Tenggara, Sabtu (23/12/2023) hanya diikuti oleh 5 ASN.

Menurut Kepala Penyelenggara Haji dan Umrah, Drs. Malakadin Baco, Peserta tes hari ini hanya diikuti oleh 5 ASN yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi. Ia menambahkan bahwa jika dibandingkan dengan seleksi tahun 2023 lalu yang diikuti oleh 11 orang ASN maka bisa dikatakan bahwa ASN kemenag Maluku Tenggara mungkin saja tidak terlalu berminat untuk mengikuti seleksi petugas Haji.

"Saya tidak bisa memastikan mengapa ASN Kemenag Malra kurang berminat untuk mengikuti seleksi padahal sudah diumumkan jauh-jauh hari yaitu tanggal 4 Desember 2023, bahkan Kemenag RI telah melakukan perpanjangan masa pendaftaran yang semula tanggal 17 menjadi tanggal 22 Desember" lanjutnya.

Disisi lain, sepinya peminat seleksi Petugas Haji ini justru disyukuri oleh Bukhari Zainun, SHI., Kepala Seksi Bimais Kemenag Malra. Menurutnya semakin sedikit pesertanya maka semakin besar peluang untuk lolos seleksi.

"Saya bersyukur karena peserta tes hanya 5 orang, apalagi diantara 5 peserta itu belum ada yang punya pengalaman sebagai Petugas Haji sehingga saya sangat optimis bisa lulus seleksi tingkat Kabupaten karena competitornya tidak terlalu banyak. Yang saya anggap competitor berat itu adalah Kasubbag Tata Usaha Pak Yusri Bau karena sudah 2 kali menjadi petugas Haji. Tapi saya bersyukur beliau tidak ikut seleksi sehingga peluang saya semakin besar untuk menjadi petugas haji" ujarnya diiringi tawa. 

Meskipun demikian, proses seleksi petugas Haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara yang berlangsung hari ini berjalan dengan lancar. Pembukaan kegiatan seleksi dilaksanakan secara daring dan dibuka oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku Dr. H. Yamin, M.Pd.I. Selain itu juga dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara, Ahmad Raharusun, S.Pd., M.Pd, dan sejumlah pejabat eselon IV.


Dalam sambutannya, Kakanwil Kemenag Maluku mengatakan bahwa proses seleksi ini bertujuan untuk mengukur kompetensi, pengetahuan, pemahaman, motivasi, dan dedikasi para calon petugas haji. 

"Kementerian Agama sangat memperhatikan proses rekrutmen petugas haji karena kualitas petugas haji sangat berpengaruh terhadap keberhasilan penyelenggaraan ibadah haji" ungkapnya.

Berdasarkan surat Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor: B-04040/DJ/Dt.II.1.2/HM/12/2023 tanggal 4 Desember 2923 tentang rekrutmen petugas haji 2024, peserta yang berhak untuk mengikuti seleksi tingkat provinsi akan diumumkan pada tanggal 26 Januari 2024 melalui website resmi Kementerian Agama. 

Adapun 5 ASN yang menjadi peserta tes terdiri dari Bukhori Zainun, S.HI. (Kepala Seksi Bimas Islam), Rosnely, S.HI. (Kepala Urusan Tata Usaha MAN Maluku Tenggara), Muhlis Azhary Rahayaan, S.Sos. (Kepala KUA Kecamatan KEi Kecil), Amina Difinubun, SAP.(Pelaksana Pada PHU) dan Fardin, S.Pd. (Pelaksana Pada PHU). Mereka akan menghadapi beberapa tahap tes, mulai dari administrasi, CAT, hingga wawancara.

Kontributor: THM, Foto: Ratna