Rapat Koordinasi Kemenag Malra Tetapkan Masjid Agung Rauda sebagai Lokasi Sholat Idul Adha

Humas Berita Utama 12 Juni 2024 59 kali Rapat Koordinasi Kemenag Malra Tetapkan Masjid Agung Rauda sebagai Lokasi Sholat Idul Adha

Langgur, Inmas 12/6/2024 - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara, Ahmad Raharusun, S.Pd., M.Pd., menyampaikan arahan dalam rapat koordinasi yang diadakan oleh seksi bimbingan masyarakat Islam Kemenag Malra. Rapat ini juga dihadiri oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI), Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maluku Tenggara, dan para imam di wilayah Kecamatan Kei Kecil.

Dalam rapat tersebut, membahas rencana pelaksanaan Sholat Idul Adha. Hasilnya, diputuskan bahwa Masjid Agung Rauda di Maluku Tenggara akan menjadi tempat pelaksanaan sholat Idul Adha tahun ini. Dalam kapasitasnya sebagai Imam, Ketua MUI Maluku Tenggara Drs. Muhammad Zein Matdoan akan memimpin sholat, sementara Kakan Kemenag Malra Ahmad Raharusun, S.Pd., M.Pd akan bertindak sebagai Khotib.

Selain itu, Takbiran akan dimulai di Masjid Agung Rauda dan dilanjutkan di masjid-masjid lain di masing-masing wilayah. Keputusan ini juga termasuk mempercepat pelaksanaan sholat  agar proses pemotongan hewan qurban dapat dilakukan lebih awal, sehingga memungkinkan distribusi daging qurban kepada masyarakat dengan lebih cepat.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat kebersamaan dan kerukunan umat beragama di Maluku Tenggara, sekaligus memperkuat nilai-nilai Moderasi Beragama yang telah menjadi fokus utama Kemenag Malra.