Program PEMIKAT, Upaya Penyuluh Agama Kristen Ikut Lestarikan Kearifan Lokal Melalui Seni Tari

Kristen Berita Satker 25 April 2024 222 kali Program PEMIKAT, Upaya Penyuluh Agama Kristen Ikut Lestarikan Kearifan Lokal Melalui Seni Tari

Langgur - Inmas, (25/04/2024) -- Penyuluh Agama Kristen Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara, Wasti Endomina Madubun, S.Th., melaksanakan kegiatan bimbingan dan penyuluhan rohani rutin di Desa Elaar Lamagorang, Kamis 25/04/2024.

Berbeda dengan kegiatan-kegiatan sebelumnya, kegiatan kali ini,  Madubun menyasar anak-anak remaja kelompok binaas sanggar Tari Telyoar – SMTPI Jemaat GPM Elaar dalam program PEMIKAT. 

PEMIKAT adalah akronim dari Pengembangan Minat dan Bakat dibidang tari khususnya tari kreasi baru bagi anak-anak remaja setingkat sekolah menengah.

Kegiatan ini diikuti oleh  1 kelompok tari yang terdiri dari 6 anak Perempuan dan berlangsung dari pukul 16.00 – 18.30 wit yang bertempat di Gedung Sumber Kasih Jemaat GPM Elaar.


 

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pembekalan rohani dan motivasi kepada kelompok binaan agar dapat mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam seni tari. Madubun dalam penyuluhannya menyampaikan pentingnya menjaga kekayaan budaya lokal, termasuk seni tari, sebagai bagian dari identitas dan jati diri masyarakat. "Seni tari merupakan salah satu bentuk ekspresi budaya yang memiliki nilai-nilai luhur yang dapat memperkaya kehidupan kita," ujar Madubun.


Ketua Komisi Anak dan Remaja Jemaat GPM Elaar, ibu Yokbeth Mose mengapresiasi kegiatan bimbingan/penyuluhan rohani ini. Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan kreativitas anggota kelompok tari milik SMTPI jemaat GPM Elaar dalam menciptakan tari-tarian kreasi baru yang dapat mengangkat nilai-nilai lokal. Kegiatan bimbingan dan penyuluhan rohani rutin ini merupakan salah satu program kerja Penyuluh Agama Kristen Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara untuk mendukung pengembangan seni dan budaya di wilayah kerjanya. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pelestarian dan pengembangan kebudayaan daerah. (AM)