Praktek Micro Teaching Diterapkan dalam Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka

MTsN 1 Berita Utama 20 Agustus 2024 42 kali Praktek Micro Teaching Diterapkan dalam Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Praktek Micro Teaching Diterapkan dalam Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka

Maluku Tenggara, 20 Agustus 2024 - Maluku Tenggara– Dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran pada Madrasah se-Kabupaten Maluku Tenggara MGMP MTs N 1 Maluku Tenggara mengadakan workshop yang membahas implementasi Kurikulum Merdeka dengan Tema Implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran, kegiatan ini diadakan pada hari Senin dan Selasa, 19-20 Agustus 2024.

Salah satu fokus utama dari workshop ini adalah penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas. Untuk lebih mengenal pembelajaran berdiferensiasi, maka peserta mempraktekan micro teaching sebagai salah satu strategi dalam pembelajaran berdiferensiasi. Kegiatan praktek ini diharapkan dapat diterapkan di madrasah masing-masing setelah kembali ke madrasahnya. Peserta diharapkan dapat berbagi pengalaman dan strategi dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Melalui sesi praktek micro teaching, para peserta diberikan kesempatan untuk menunjukkan inovasi dalam mengajar serta menerapkan teknik pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa yang beragam.

"Micro teaching memungkinkan pendidik untuk mengasah keterampilan mengajar mereka dalam lingkungan yang mendukung," ujar Ketua Panitia Kegiatan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka, M Khoirul Abror, S.Pd.I "Dengan pendekatan ini, kami berharap para guru dapat lebih memahami cara memberikan pembelajaran yang berdiferensiasi, sehingga setiap siswa bisa belajar sesuai dengan cara mereka." Peserta workshop sangat antusias dalam mengikuti sesi praktek, di mana mereka tampil di depan rekan-rekan mereka dan menerima umpan balik konstruktif.

Hal ini tidak hanya meningkatkan keterampilan mengajar, tetapi juga membangun komunitas belajar di antara para pendidik. Workshop ini merupakan bagian dari komitmen untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka di seluruh madrasah masing-masing, yang bertujuan untuk menciptakan sistem pendidikan yang lebih fleksibel dan responsif terhadap kebutuhan siswa. Semoga dengan adanya praktek micro teaching, para pendidik dapat semakin siap dalam menerapkan konsep pembelajaran berdiferensiasi dan memberikan pengalaman belajar yang lebih baik bagi siswa. Dengan demikian, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal menuju pengembangan pendidikan yang lebih inklusif dan efektif di Maluku Tenggara, ujar Khoirul Abror.

#TimRedaksiMTsNegeri1MalukuTenggara#

Pewarta : Elvira, Editor : Athu, Foto : Athu