Perkuat Karakter Remaja, Penyuluh Agama Kristen Adakan Pembinaan Rohani di SMP Kristen Dian

Kristen Berita Satker 24 April 2024 292 kali Perkuat Karakter Remaja, Penyuluh Agama Kristen Adakan Pembinaan Rohani di SMP Kristen Dian

Langgur (Inmas) – Penyuluh Agama Kristen, Satlin Tamalanga, S. Th melakukan kegiatan pembinaan rohani dan karakter di SMP Kristen Dian pada hari Rabu, 24/04/2024.

Lokasi sekolah yang jauh dari perkotaan tidak menyurutkan semangat Penyuluh Agama Kristen, Satlin Tamalanga, S. Th untuk melakukan kegiatan pembinaan rohani dan karakter siswa-siswi SMP Kristen Dian yang terletak di Desa Dian. Jumlah keseluruhan siswa Kristen yang dibina sebanyak 70 siswa yang berada di kelas VII, VIII dan IX.

Judul yang diangkat Penyuluh pada kegiatan kali ini ialah “Etika Kristen sebagai Dasar Untuk Membangun Karakter Remaja Kristen.” Remaja Kristen merupakan remaja yang rentan dengan perubahan emosional yang dapat mempengaruhi karakter dan moral mereka. Sekarang ini zaman juga sangat mempengaruhi perubahan karakter dan moral remaja.

Etika kristen adalah dasar pengendalian diri setiap manusia, bahkan etika kristen merupakan pengajaran tentang cara berperilaku yang di dasarkan pada kasih. Alkitab menunjukkan keberhasilan manusia bukan diukur dari keberhasilan harta duniawi melainkan dari takut akan Tuhan. Sebagaiman Salomo yang telah memenuhi nila-nilai manusia mengenai keberhasilan: berhikmat/pintar, berkuasa, memiliki harta materi yang banyak namun ia berkata semua sia-sia hanya satu yang tidak sia-sia yaitu takut akan Tuhan. Dan untuk membangun  karakter remaja kristen yang baik yaitu dengan mengajar mereka untuk selalu hidup takut akan Tuhan. Imbuhnya dalam ceramah yang berdurasi sekitar setengah jam.

Para siswa yang mengikuti kegiatan ini terlihat antusias mendengar ceramah dari Penyuluh. Selain ceramah, Penyuluh juga mengadakan interaksi berupa tanya jawab sehingga menghidupkan suasana kelas. (HL)