Peringati Hari Kebangkitan Nasional ke-116, Kepala MAN Maluku Tenggara: Mari Bangkitkan Ide dan Kinerja Cemerlang

MAN Malra Berita Satker 20 Mei 2024 455 kali Peringati Hari Kebangkitan Nasional ke-116, Kepala MAN Maluku Tenggara: Mari Bangkitkan Ide dan Kinerja Cemerlang

Langgurt, Inmas, 20/05/2024 - Dalam rangka mengenang semangat dan tekad para pelopor bangsa untuk memerdekakan Indonesia dari belenggu penjajahan, ASN MAN Maluku Tenggara mengikuti upacara bendera peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116, bertempat di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara pada Senin (20/5/2024). 


Meskipun langit diselimuti awan mendung, upacara tetap berlangsung hikmat.  Upacara dimulai pukul 07.30 WIT dan diikuti oleh ASN pada lingkup Satuan Kerja Kantor Kemenag Maluku Tenggara, MAN Maluku Tenggara, dan MTsN 1 Maluku Tenggara. Pada tahun 2024 ini, peringatan Hari Kebangkitan Nasional mengusung tema “Bangkit untuk Indonesia Emas”. Tema ini menjadi momentum untuk memaknai Hari Kebangkitan Nasional sebagai upaya membangun semangat kebangsaan dan membawa nilai-nilai semangat dan kekuatan demi mewujudkan kebangkitan menuju Indonesia Emas, 2045. 


Ahmad Raharusun, S.Pd., M.Pd., Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara bertindak sebagai inspektur upacara membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Budi Arie Setiadi. Petugas upacara terdiri dari ASN di lingkup satker Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara.


Hari Kebangkitan Nasional diperingati setiap tanggal 20 Mei yang mengacu pada tanggal berdirinya organisasi Budi Utomo. Dalam sambutan disampaikan bahwa “Embrio Indonesia lahir dari kemajuan modern dan pencerahan, dari kaum muda berpendidikan yang tidak kehilangan identitas ke-Indonesiaannya. Embrio Indonesia lahir dari keragaman pikiran para “kaum muda” sebagai “embrio bangsa”. Di tangan kaum muda terdidik inilah cita-cita kemerdekaan dan kebebasan dirumuskan dan diperjuangkan. Alam kemerdekaan hanya bisa dicapai jika manusia setara dan bebas. Manusia yang bebas dan setara hanya dimungkinkan jika manusia tersebut terpelajar dan berpendidikan. Dari merekalah semangat kebangkitan nasional lahir. Kebangkitan nasional adalah penanda lahirnya zaman baru. Pencetus cara berpikir baru. Semangat kebangkitan nasional merumuskan kemerdekaan sebagai wahana memperjuangkan kedaulatan dan kemuliaan manusia.


Kepala MAN Maluku Tenggara, Ahmad Seknun, S.Ag. yang ditemui usai upacara menyampaikan bahwa momentum peringatan hari kebangkitan nasional tahun ini seharusnya bisa membangkitkan ide-ide, kinerja, dan kerja sama kita semua dalam memajukan madrasah tercinta, MAN Maluku Tenggara. 


Selamat memaknai dan memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-116 bagi kita semua. Berjuang, belajar, bertumbuh, dan terus melangkah maju dengan Semangat Untuk Bangkit! (Humas/FL)