Penyuluhan Rutin bagi Siswa SMP Kristen Anugerah Langgur oleh Penyuluh Agama Kristen

Kristen Berita Satker 18 April 2024 207 kali Penyuluhan Rutin bagi Siswa SMP Kristen Anugerah Langgur oleh Penyuluh Agama Kristen

Langgur (Inmas) - Penyuluh Agama Kristen Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara, Wasty Madubun, S. Th, melaksanakan kegiatan penyuluhan rutin bagi Siswa SMP Kristen Anugerah Langgur, Kamis 18/4/2024.

Kegiatan ini dilaksanakan bagi siswa kelas 8 SMP Kristen Anugerah Langgur dengan tema "Peran Remaja dalam Pengembangan Iptek". Penyuluhan ini dilandaskan pada firman Tuhan dalam kitab 2 Raja-raja 20:12-21. Dalam penyuluhannya, Wasti Endomina Madubun memaparkan beberapa point penting dalam pengembangan IPTEK bagi remaja Kristen yakni:

1.         Dampak IPTEk dalam Pembangunan

2.         Hakikat remaja sebagai generasi Pembangunan

3.         Peranan remaja Gereja dalam Upaya pengembangan IPTEK

Selain memberikan materi penyuluhan, Wasti Endomina Madubun juga mengajak para siswa dalam kapasitasnya selaku remaja gereja dan sebagai generasi pendidkan yang hidup dalam era globalisasi dan mordenisasi untuk tidak hanya sebatas objek pembangunan tetapi telah dapat berperan sebagai subjek pembangunan. Remaja bukan hanya sekedar memanfaatkan produk-produk IPTEK secara bertanggung jawab tetapi dapat memanfaatkannya guna melakukan penelitian-penelitian ilmiah remaja telah menunjukan peranannya dalam upaya pengembangan IPTEK.

Telah banyak generasi remaja yang telah menghasilkan berbagai produk penelitiannya dan karya ilmiah remajanya baik skala regional, nasional maupun internasional. Semuanya ini dapat dilakukan hanya oleh remaja yang memiliki knowledge (pengetahuan), Skill (ketrampilan), serta Motivation berprestasi (Acchievment Motivation). Tinggal pertanyaan seberapa besar tingkat kesadaran remaja khususnya remaja Gereja dalam memandang jati dirinya sebagai generasi pembangunan atau malah sebaliknya remaja Gereja secara statis akan membiaqrkan dirinya terlindas kompetisi global dan menjadi beban Negara dan sampah masyarakat atau menjadi penonton di negeri sendiri

Kegiatan ini diikuti oleh 16 siswa dari kelas 8. Kegiatan penyuluhan ini mendapat apresiasi dari Kepala SMP Kristen Anugerah Langgur ibu Ema Magdalena Rumatora, S.Pd.K, M.Pd. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa kami dimana mereka dapat memperoleh pengetahuan tentang peranan mereka dalam pengembangan IPTEK dan juga nilai-nilai agama yang penting untuk dipegang teguh dalam menjalani keberadaannya sebagai siswa yang adalah remaja gereja dan merupakan generasi Pendidikan”, ujarnya.