Penyuluhan kepada Kelompok Binaan Mandiri Katagori Pria Lansia di Desa Wab oleh Penyuluh Agama Kristen

Kristen Berita Satker 11 September 2024 143 kali Penyuluhan kepada Kelompok Binaan Mandiri Katagori Pria Lansia di Desa Wab oleh Penyuluh Agama Kristen Pembinaan Rohani

Langgur, Inmas, 11/09/2024. Penyuluh Agama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara, Meilan Meike Simaela, S. Th melaksanakan kegiatan pembinaan rohani kepada kelompok binaan mandiri di Desa Wab pada hari Selasa, 10/09/2024.

Topik materi yang diangkat oleh Simaela yakni “Masa Tua adalah Masa Kekuatan.” Nats yang mendasari materi tersebut adalah Kitab Yesaya 46:4 dengan bunyi “Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus; Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu.”

“Kutipan nats tersebut menjelaskan kepada pembaca bahwa nabi Yesaya menyampaikan janji Allah bahwa semakin berubannya rambut manusia tidak akan sedikit pun mengurangi kesetiaan Allah untuk terus menggendong dan menyertai umat-Nya. Memercayai janji Allah akan membuat kita semakin optimis menghadapi masa depan. Penyertaan-Nya meyakinkan kita bahwa Ia masih menyediakan waktu bagi kita untuk menghasilkan hal-hal terbaik bersama dengan kekuatan-Nya,” terang Simaela.

Simaela menutup materi ceramahnya dengan kutipan nats dalam Kitab Mazmur 92:15-16 yang berbunyi demikian “Pada masa tua pun mereka masih berbuah, menjadi gemuk dan segar, untuk memberitakan, bahwa Tuhan itu benar bahwa Ia gunung batuku dan tidak ada kecurangan pada-Nya.”

Bimbingan rohani kepada katagori lansia ini bagi Simaela sangat penting dalam menjaga kualitas hidup mereka, baik secara mental, emosional, maupun spiritual. Harapannya bimbingan rohani ini dapat  memperkuat makna hidup mereka, mengurangi kecemasan dan stress, memberikan ketentraman batin dan penguatan spiritual.