Penyuluh Agama Kua Kei Kecil Sosialisasi Sertifikasi Halal Gratis Di Majelis Taklim Nurul Huda Ohoidertawun

IRAMAYA FAKOUBUN, S.HI Berita Satker 11 Mei 2024 74 kali Penyuluh Agama Kua Kei Kecil Sosialisasi Sertifikasi Halal Gratis Di Majelis Taklim Nurul Huda Ohoidertawun Sosialisasi Sertifikasi Halal Gratis

Langgur, 11/05/2024 (Inmas)- Penyuluh Agama Islam Kantor Urusan Agama (KUA) Kei Kecil Iramaya Fakoubun, S.HI dan Ramla Rahangmetan, S.Pd.I, memberikan sosialisasi sertifikasi halal gratis kepada ibu-ibu dan pelaku usaha di Majelis Taklim Nurul Huda Ohoidertawun, Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara, Kamis, 09/05/2024.

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh pengurus majelis taklim, serta pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang memproduksi makanan dan minuman. berjumlah 7 orang, Pendamping Proses Produk Halal Kemenag Kab. Maluku Tenggara Iramaya Fakoubun, S.HI,mengatakan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada ibu-ibu majelis dan pelaku usaha tentang pentingnya wajib memiliki sertifikat halal bagi produk makanan dan minuman. "Sertifikasi halal merupakan jaminan bahwa produk makanan dan minuman yang dikonsumsi masyarakat telah memenuhi standar syariat Islam dan Undang-Unang Nomor 33 Tahun 2014," kata Ira Fakoubun.

Lebih lanjut, menjelaskan bahwa sertifikasi halal gratis ini merupakan program pemerintah melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Program ini bertujuan untuk membantu pelaku UMKM dalam memperoleh sertifikasi halal tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. "Kami mengimbau ibu-ibu Majelis Taklim  dan pelaku UMKM untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Sertifikasi halal menjadi nilai tambah bagi produk makanan dan minuman yang dipasarkan, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen," ujarnya. Dalam sosialisasi tersebut.

Penyuluh Agama Islam KUA Kei Kecil juga memberikan panduan dan langkah-langkah untuk mengajukan sertifikasi halal gratis melalui aplikasi SiHalal yang disediakan oleh BPJPH. Salah satu pelaku UMKM sekaligus Ketua Majelis Taklim Nurul Huda Ohoidertawun yang hadir dalam sosialisasi, Siti Aisyah Rahael , mengaku sangat terbantu dengan program sertifikasi halal gratis ini. Alhamdulillah, sekarang ada program sertifikasi halal gratis dari pemerintah. Ini sangat membantu saya dan pelaku UMKM lainnya," kata Siti Aisyah Rahael. Sosialisasi sertifikasi halal gratis ini merupakan salah satu upaya P3H Kemenag Kab. Maluku Tenggara dalam mendukung pengembangan UMKM di wilayah Kab. Malra. Dengan memiliki sertifikasi halal, pelaku UMKM diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan daya saing produknya, sehingga dapat bersaing di pasar yang lebih luas.


Berikan Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin