Penyuluh Agama Kristen Mengajak Kelompok Binaan di Desa Wab Agar Memaknai Cerita Tokoh Alkitab

Kristen Berita Satker 29 Agustus 2024 109 kali Penyuluh Agama Kristen Mengajak Kelompok Binaan di Desa Wab Agar Memaknai Cerita Tokoh Alkitab

Langgur, Inmas, 29/08/2024. Penyuluh Agama Kristen Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara, Helena Laipeny, S. Th melaksanakan pembinaan spiritual dan karakter umat di Desa Wab pada hari Rabu, 28/08/2024. 

Sasaran pembinaan ini ditujukan kepada kelompok usia tanggung yang berumur sekitar sepuluh tahun. Dalam pembinaan tersebut, Laipeny mengambil cerita tokoh Alkitab dalam Kitab I Samuel 17:1-11, 12-39, 40-58 yang mengisahkan tentang kepahlawanan Daud mengalahkan Goliat. 

Alkitab memberikan keterangan bahwa Daud adalah seorang anak bungsu dari delapan bersaudara. Ketiga saudara tertua adalah prajurit sedangkan Daud adalah seorang penggembala domba. Karakter tanggung jawab dan keberanian Daud sudah terbentuk ketika ia menggembalakan kawanan dombanya. Apabila ada singa atau beruang yang mengancam nyawa dombanya maka Daud dengan sigap melindungi domba-dombanya. Makna rohani yang dapat anak-anak pelajari dari kisah ini yaitu, menjadi anak yang bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan oleh orang tua dan guru di Sekolah. Beriman dan percaya kepada Tuhan bahwa Tuhan sanggup menolong seperti ketika Daud melawan Goliat, tutur Laipeny.

Setelah selesai bercerita, Laipeny mengajak anak-anak untuk bermain Games puzzle bergambar dengan gambarannya adalah tokoh-tokoh dan benda-benda yang ada di dalam cerita kepahlawanan Daud melawan Goliat. Anak-anak yang hadir sangat antusias mendengarkan cerita bahkan aktif memberikan jawaban ketika diberikan pertanyaan. (HL)