Penyuluh Agama Kristen Mengajak Kelompk Binaan Zachery Agar Kreatiif dalam Mengolah Sampah Plastik

Kristen Berita Satker 29 Agustus 2024 44 kali Penyuluh Agama Kristen Mengajak Kelompk Binaan Zachery Agar Kreatiif dalam Mengolah Sampah Plastik

Langgur, Inmas, 29/08/2024. Penyuluh Agama Kristen Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara, Ibu Marina Rumkeny, S.Ag melaksanakan bimbingan rohani di kelompok binaan Zachery. Bimbingan rohani dilaksanakan rutin setiap Minggu dan berlokasi di Ohoi Wab dengan tujuan memberikan pembinaan spiritual dan moral tentang nilai-nilai agama Kristen yang mencakup etika, moralitas, dan kualitas hidup sebagai anak-anak Tuhan Yesus Kristus, pada hari Rabu, 28/08/2024.

Materi yang disampaikan kali ini adalah ‘Mengolah botol plastik menjadi lampion yang unik dengan tema besar ‘Merawat Bumi’. Marina mengatakan bahwa Bumi adalah tempat kita tinggal dan bumi adalah rumah kita dan sudah sepantasnya kita menjaga dan merawat tempat tinggal kita. Bumi adalah rumah bagi manusia, bagi hewan, tumbuhan dan makhluk hidup lainnya. 

Terkadang tidak kita sadari bahwa kita telah berkontribusi dalam perusakan dan pencemaran lingkungan, namun dengan membuang sampah sembarangan, penggunaan bahan plastik berlebihan, produksi sampah yang tidak terurai, dan sebagainya membuat kita turut berkontribusi dalam perusakan bertanpa memikirkan dampak di masa depan. Oleh sebab itu, untuk terlibat dalam merawat bumi, cara pandang kita perlu diubah.  

Kita perlu percaya dan mengamini bahwa setiap kita punya tanggung jawab untuk melestarikan dan merawat bumi—lingkungan.  Dan dalam pertemuan ini selain menghimbau kepada anak-anak binaan tentang merawat bumi, Marina juga turut mengajarkan anak cara mendaur ulang sampah plastik yaitu botol plastik menjadi lampion yang unik dan indah dengan bahan; botol plastik besar atau kecil, balon, dan pita, alat; gunting dan pisau carter. Marina berharap materi yang dibawakan ini bisa berdampak positif bagi anak-anak binaan kelompok Zachery.