Penyuluh Agama Kristen Melaksanakan Kegiatan Pembinaan Rohani pada Kelompok Lansia Wanita di Desa Wab

Kristen Berita Satker 29 Agustus 2024 56 kali Penyuluh Agama Kristen Melaksanakan Kegiatan Pembinaan Rohani pada Kelompok Lansia Wanita di Desa Wab

Langgur, Inmas, 29/08/2024. Penyuluh Agama Kristen Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara, Meilan Meike Simaela, S. Th melaksanakan bimbingan rohani pada kelompok lansia wanita di Desa Wab pada hari Rabu, 28/08/2024.

Simaela dalam ceramahnya mengatakan bahwa pada umumnya, orang takut menjadi tua. Beberapa orang pantang untuk menyebutkan umurnya ketika ada kerabatnya yang bertanya tentang usianya. Sebagian orang lainnya enggan merayakan ulang tahun karena mengingatkan dia betapa tua dirinya. Sebagian lagi berupaya tampil muda dengan perawatan-perawatan tubuh dan wajah, mengonsumsi obat-obatan anti keriput, serta melakukan operasi plastik agar tidak terlihat tua. Ada pula yang berolahraga ekstra keras dan makan makanan yang sehat agar tubuh tetap fit dan terhindar dari penyakit ketuaan.

Kitab Amsal menjelaskan kebanggaan seorang manusia ialah ketika tanda-tanda ketuaan ada pada dirinya. Rambut putih adalah salah satu ciri ketuaan. Rambut putih merupakan mahkota yang indah. Keindahannya bukan terletak pada warna putih dari uban manusia. Keindahannya terletak pada kayanya pengalaman yang dimiliki oleh seorang tua. Bagi penulis Kitab Amsal, uban merupakan simbol hikmat yang diperoleh seorang tua melalui jalan-jalan yang penuh pasang surut kehidupan.. Hari ini kita diingatkan untuk tidak menakuti hari tua. Ketuaan, sekuat apapun usaha kita untuk menghindarinya, tetap saja pada saatnya akan datang menghampiri kita. Lihatlah ketuaan sebagai proses hidup yang kaya dengan berbagai pengalaman, sebuah proses yang menjadikan kita seorang yang bijaksan,tutur Simaela.

Kelompk lansia ini sangat bersemangat setiap kali mengikuti kegiatan pembinaan rohani, terbukti dari ketepatan waktu kehadiran mereka di lokasi pembinaan.