Penyuluh Agama Kristen, Marina Rumkeny, S. Ag Mengajak Kelompok Binaan Agar Kreatiif dalam Mengolah Sampah Plastik

Kristen Berita Satker 19 September 2024 53 kali Penyuluh Agama Kristen, Marina Rumkeny, S. Ag Mengajak Kelompok Binaan Agar Kreatiif dalam Mengolah Sampah Plastik Foto bersama anggota binaan di Desa Wab

Langgur, Inmas, 19/09/2024 – Penyuluh Agama Kristen Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara, Marina Rumkeny, S.Ag melaksanakan bimbingan rohani di kelompok binaan Zachery pada hari Rabu, 18 September 2024, dengan jumlah anggota binaan yang hadir 12 orang.

Bimbingan rohani dilaksanakan rutin setiap minggu dan berlokasi di Ohoi Wab dengan tujuan memberikan pembinaan spiritual dan moral tentang nilai-nilai agama Kristen yang mencakup etika, moralitas, dan kualitas hidup sebagai anak-anak Tuhan Yesus Kristus. Materi yang disampaikan sama dengan pertemuan sebelumnya yaitu tentang “Merawat Bumi.”

Marina dalam pertemuan ini mengajarkan cara mendaur ulang sampah-sampah organik maupun anorganik menjadi suatu barang yang bermanfaat, yaitu membuat kolase. Kolase adalah karya seni rupa dua dimensi yang dibuat dengan menempelkan berbagai macam bahan pada permukaan gambar.

Bahan-bahan yang digunakan yaitu karton bekas, kertas hvs, lakban hitam, tali goni, daun dan ranting, gunting pisau carter, lem fox, lem tembak dan alat tembak, dan spidol warna-warni. Berikut langkah-langkahnya, potong karton berbentuk kotak, rapikan pinggirnya, tempelkan kertas hvn pada karton dan lakban dibagian sampingnya, gambarkan pola, gunting-gunting daun dan ranting, kemudian ditempelken di dalam pola, pilihan warna daun dapat disesuaikan oleh anak-anak.

Marina berharap dengan dibawakan materi kreatifitas ini dapat mengembangkan imajinasi dan kreativitas, mengembangkan rasa estetika, melatih kesabaran dan ketelitian, mengembangkan motorik halus dan yang paling penting yaitu kesadaran akan lingkungan.