Penyuluh Agama Kristen Beri Motivasi Belajar Berbasis Iman Bagi Siswa SMK Siwalima Santo Josep Langgur

Kristen Berita Satker 03 Mei 2024 179 kali Penyuluh Agama Kristen Beri Motivasi Belajar Berbasis Iman Bagi Siswa SMK Siwalima Santo Josep Langgur

Langgur – Inmas, (02/05/2024) -Penyuluh Agama Kristen Kantor kementerian Agama Kab. Maluku Tenggara, Wasti Endomina Madubun, S.Th gelar kegiatan Penyuluhan Rohani rutin di SMK Siwalima Santo Josep Langgur.

Bagi siswa kelas XI SMK Siwalima Santo Josep Langgur, Penyuluh Agama Kristen dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara – Wasti Endomina Madubun, S.Th menggelar kegiatan Penyuluhan Rohani rutin dengan mengangkat tema “Motivasi Belajar Berbasis Iman” dan dasar pemberitaan kitab Yohanes 7:15-16 dan kitab Mazmur 17:22 yang dimulai dari pukul 07.30 – 08.45 wit bertempat di salah satu ruang belajar siswa yang dihadiri oleh 52 siswa pada hari ini, Jumat 03 Mei 2024.

Dalam penyuluhannya, Madubun menekankan pentingnya memiliki motivasi dalam belajar. Ia menjelaskan bahwa motivasi dapat diartikan sebagai dorongan dasar yang menggerakan seseorang bertingkah laku. siswa yang mempunyai motivasi tinggi dalam belajar memiliki dorongan yang besar untuk melakukan aktivitas belajar atau memberikan respons positif terhadap aktivitas pembelajaran yang diikuti. Sebaliknya siswa yang memiliki motivasi rendah akan mengikuti aktivitas pembelajaran dengan tidak serius. motivasi yang kuat akan mendorong siswa untuk tekun dan bersemangat dalam meraih prestasi. "Motivasi itu sangat penting dalam belajar. Motivasi yang kuat akan membuat siswa terdorong untuk belajar dengan baik dan mencapai tujuan mereka," ujar Madubun. Madubun juga mengaitkan motivasi belajar dengan iman Kristen. Ia mengatakan bahwa iman Kristen dapat menjadi sumber motivasi yang kuat bagi siswa. "Iman Kristen mengajarkan kita untuk memiliki harapan dan keyakinan. Dengan iman ini, siswa dapat yakin bahwa mereka mampu mengatasi segala tantangan dalam belajar, sebab diungkapkan dalam Mazmur 17:22 bahwa hati yang gembira adalah obat yang manjur tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang. Hal ini berarti bahwa hati yang gembira mendatangkan kebahagiaan dan meningkatkan harapan hidup karena kegembiraan yang berasal dari hati bermanfaat sebagai obat yang manjur yang mampu untuk menyembuhkan. Oleh karena itu, dalam belajar haruslah terdorong dari hati, apabila dorongan atau motivasi itu berasal dari hati yang gembira, maka menghasilkan banyak aktifitas, karya dan hal-hal positif. Namun sebaliknya apabila dorongan atau motivasi itu berasal dari hati / semangat yang patah maka aktifitas, karya atau pun pekerjaan yang dihasilkan tidaklah maksimal." ujar Madubun.

Penyuluhan tersebut mendapat sambutan positif dari para siswa. Mereka  mengaku termotivasi untuk lebih giat belajar setelah mendengar pemaparan ibu Penyuluh. "Saya merasa termotivasi setelah mendengarkan penyuluhan ini. Saya jadi lebih yakin bahwa saya bisa belajar dengan baik dan meraih prestasi," ujar Dita, salah satu siswa yang hadir dalam penyuluhan tersebut. Kepala SMK Siwalima Santo Josep Langgur, Jems Namsa, S.Pd, M.Pd, mengapresiasi penyuluhan yang diberikan oleh ibu Penyuluh. Ia berharap penyuluhan tersebut dapat bermanfaat bagi siswa dalam meningkatkan motivasi belajar mereka. "Saya berterima kasih kepada Ibu Madubun yang telah memberikan penyuluhan yang sangat bermanfaat bagi siswa kami. Semoga penyuluhan ini dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan lebih baik," kata Jems. (Athy Madu)