Penyuluh Agama Kristen Ajak Siswa SMA Negeri 2 Malra Untuk Mencukupkan Kebutuhan Dan Menekan Keinginan

WASTI ENDOMINA MADUBUN Berita Utama 26 April 2024 91 kali Penyuluh Agama Kristen Ajak Siswa SMA Negeri 2 Malra Untuk Mencukupkan Kebutuhan Dan Menekan Keinginan

Langgur (Inmas) - Kegiatan Penyuluhan Rohani Rutin oleh Penyuluh Agama Kristen Kantor kementerian Agama Kab. Maluku Tenggara bagi pelajar SMA Negeri 2 Maluku Tenggara. Jumat 26/04/2024.

Penyuluh agama Kristen dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara, Wasti Endomina Madubun, S.Th, kembali melakukan kegiatan penyuluhan rutin kepada siswa-siswi SMA Negeri 2 Maluku Tenggara khususnya kelas XI dengan mengangkat tema "Mencukupkan Kebutuhan dan Menekan Keinginan", penyuluhan tersebut berdasarkan firman Tuhan dalam Kitab Filipi 4:10-20. 

Dalam materinya, Madubun menekankan pentingnya hidup dalam kesederhanaan dan bersyukur atas apa yang dimiliki. Ia mengatakan “Terkadang kita tidak sadar kalau keinginan kita itu lebih utama, lebih dominan dalam hidup kita ketimbang kebutuhan, sehingga kita tidak lagi berjalan dalam iman, hidup dalam iman tapi lebih condong berjalan menurut keinginan. Banyak anak-anak Tuhan terjebak dan jatuh akibat lebih mengikuti keinginan dan lebih celaka lagi kalau mengikuti keinginan daging yang akhirnya akan terus jatuh di dalam dosa. 

Madubun berharap agar para remaja dapat menyadari bahwa keinginan hanya akan membuat dirinya tidak merasa puas dan mensyukuri apa yang ada, setelah dapat ini, kepingin itu dan seterusnya tidak pernah selesai. Tuhan tidak menyediakan keinginan kita tapi Tuhan menyediakan kebutuhan kita, sebab kebutuhan lebih penting dari pada keinginan. Jadi jangan mengejar yang tidak disediakan Tuhan buat kita karena akan sia-sia, namun kejar apa yang disediakan Tuhan karena pasti kita memperolehnya, ujar Madubun.

Kegiatan penyuluhan ini mendapat sambutan positif dari para siswa. Mereka antusias menyimak materi yang disampaikan dan mengajukan beberapa pernyataan. "Saya senang bisa belajar tentang prinsip hidup yang baik dari ajaran agama Kristen. Semoga bisa saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari," ungkap salah satu siswa, MESYE A. SOULISSA. Kegiatan ini diikuti oleh 49 siswa-siswa yang berlangsung di salah satu ruang belajar. Penyuluhan ini merupakan bagian dari upaya Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai agama di kalangan generasi muda. (AM)