Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan, Arobi Ngabalin Ajak Santri TPQ Pahami Adab Membaca Al-Qur'an

IRAMAYA FAKOUBUN, S.HI Berita Satker 29 Juli 2024 40 kali Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan, Arobi Ngabalin Ajak Santri TPQ Pahami Adab Membaca Al-Qur'an Adab Dalam Membaca Al-Qur'an

Danar, 29/7/2024- (Inmas)- .Dalam upaya meningkatkan pemahaman dan penghormatan terhadap Al-Qur'an, penyuluh agama Islam Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan. Arobi Ngabalim mengadakan kegiatan penyuluhan yang melibatkan santri-santriwati TPA Nurul Shodri Danar Ternate. Acara yang berlangsung di TPA ini bertujuan untuk mengedukasi peserta tentang adab dan etika dalam membaca kitab suci umat Islam. Kegiatan ini dihadiri oleh 31 santri- santriwati TPA Nurul Shodri Danar Kei Kecil Timur Selatan.

Dalam penyampaian, Arobi Ngabalin menggarisbawahi pentingnya memahami adab membaca Al-Qur'an, mulai dari niat yang tulus, Membaca Taawudz, Membaca dalam keadaan suci( badan, pakaian d tempat, Membaca dengan Tartil, Membaca dengan khusu, Membaca Al-Quran dengan tidak mengganggu orang yg sedang beribadah. Hingga cara membacanya yang benar. "Membaca Al-Qur'an bukan hanya sekadar aktivitas, tetapi juga suatu ibadah yang harus dilakukan dengan penuh rasa hormat," ujarnya.

Selain itu, para santri- santriawan juga diajarkan tentang tata cara membaca Al-Qur'an yang baik dan benar, termasuk pelafalan huruf, tajwid, serta pentingnya khusyu' saat membaca. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur'an para santri dan santriwati serta menumbuhkan rasa cintanya terhadap kitab suci.

Kegiatan penyuluhan ini mendapat respon positif dari para peserta. Beberapa santri mengaku merasa terbantu dan termotivasi untuk lebih giat belajar membaca Al-Qur'an dengan benar. "Saya sangat senang bisa mengikuti acara ini. Saya mendapatkan banyak ilmu baru yang akan saya praktikkan," ujar salah satu santri.

Arobi Ngabalin Penyuluh Agama Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan berkomitmen untuk terus menggelar kegiatan serupa demi meningkatkan pemahaman agama, serta membentuk generasi yang lebih baik dalam membina hubungan dengan Al-Qur'an. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan santri-santriwati tidak hanya memahami teks Al-Qur'an, tetapi juga mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dalam kehidupan sehari-hari.