Pembinaan Rohani dan Mental di Lapas Kelas IIB Tual, Penyuluh Agama Kristen Meilan Meike Simaela, S. Th : “Jangan Biarkan Dosa Memanjarakan Kita.”

Kristen Berita Satker 10 September 2024 69 kali Pembinaan Rohani dan Mental di Lapas Kelas IIB Tual, Penyuluh Agama Kristen Meilan Meike Simaela, S. Th : “Jangan Biarkan Dosa Memanjarakan Kita.” Pembinaan Rohani di Lapas Kelas IIB Tual

Langgur, Inmas, 10/09/2024. Penyuluh Agama Kristen Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara, Meilan Meike Simaela, S. Th melaksanakan pembinaan rohani dan mental di Lapas Kelas IIB Tual pada hari Selasa, 10/09/2024.

Topik yang diangakat oleh Simaela adalah “Jangan Biarkan Dosa Memanjarakan Kita” dengan nats pembimbing dari Injil Filipi 1:13 yang berbunyi “sehingga telah jelas bagi seluruh istana dan semua orang lain, bahwa aku dipenjarakan karena Kristus.”

Simaela dalam renungannya mengatakan “hari-hari ini beberapa orang dengan lantang menyampaikan pemikiran-pemikiran kritis terhadap banyak hal di bangsa ini dan menjadi terhenti karena justru dirinya sendiri tertangkap tangan atas berbagai tindak pelanggaran hukum yang ia lakukan. Maka sejak itu ia tidak lagi berani menyuarakan apa-apa lagi dari mulutnya. Bukan hanya tubuhnya yang terbelenggu di penjara, melainkan mulutnya pun  turut terbungkam. Dosalah yang membuat hidup seseorang menjadi terpenjara, terang Simaela.”

“Bagaimana dengan rasul Paulus? Apakah pengap dan gelapnya penjara sanggup membungkam mulutnya untuk tidak menyuarakan kebenaran dan membangun kehidupan banyak orang? Ternyata semua kesulitan itu tidak berkuasa untuk menahan mulutnya untuk tetap memberitakan tentang Kristus. Apa yang menyebabkan ia tetap lantang bersuara? Karena bukan perbuatan dosa yang membuat ia masuk penjara melainkan menyuarakan dan melakukan kebenaran,” tandanya.

Diakhir renungannya Siamela mengajak warga binaan agar dapat merefleksikan ayat firman Tuhan sehingga dapat mentrasformasi akhlak dan budi pekerti warga binaan.