Pembinaa Rohani Remaja Dan Disabilitas

Kristen Berita Satker 23 April 2024 234 kali Pembinaa Rohani Remaja Dan Disabilitas

Langgur – Penyuluh Agama Kristen Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara, Ibu Marina Rumkeny, S.Ag melaksanakan bimbingan rohani di SMP Kristen Anugerah Senin, 22/4/2024

Bimbingan rohani ini dilaksanakan rutin dengan tujuan menanamkan sikap dan karakter yang baik, penuh kasih, bertanggung jawab, dan sesuai dengan nilai-nilai norma lebih khususnya dapat mencerminkan nilai-nilai kristiani dan karakter Yesus Kristus.

Materi dalam bimbingan rohani ini berjudul ‘Remaja dan Disabilitas’ dengan dasar Firman Tuhan Lukas 14:12-14 dan Yohanes 9:1-11. Pada umumnya kita ketahui bahwa Istilah disabilitas berasal dari bahasa inggris yaitu different ability yang artinya manusia memiliki kemampuan yang berbeda.  Dan masa remaja adalah masa pencarian jati diri, penuh gejolak emosi, baik positif maupun negatif. Banyak hal menarik jika kita mengamati perkembangan usia remaja ini. Mulai dari sifatnya yang ingin mendapatkan perhatian sampai dengan cara bergaul yang tidak jarang dapat merugikan mereka. Namun, hal ini mungkin saja akan berbeda jika menghadapi remaja yang mengalami disabilitas fisik. Mereka adalah bagian dari diri kita yang harus dihargai walaupun dengan segala keterbatasan fisik. Untuk itu perlu sikap peneriamaan yang positif agar kaum disabilitas tidak merasa tersisihkan atau terabaikan. Ada pun aturan atau etika bergaul yang harus remaja terapkan dalam berinteraksi dengan kaum disabilitas.