Menstimulasi Pemikiran Kristis dan Ketrampilan Sosial Berkomunikasi, Penyuluh Agama Memakai Metode Diskusi dalam Kegiatan Pembinaan Rohani di SMP Negeri Unggulan

Kristen Berita Satker 10 September 2024 58 kali Menstimulasi Pemikiran Kristis dan Ketrampilan Sosial Berkomunikasi, Penyuluh Agama Memakai Metode Diskusi dalam Kegiatan Pembinaan Rohani di SMP Negeri Unggulan Suasana Diskusi Kelompok di Kelas

Langgur, Inmas, 10/09/2024. Penyuluh Agama Kristen Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara, Helena Laipeny, S. Th melaksanakan kegiatan pembinaan rohani dan karakter siswa di SMP Negeri Unggulan pada hari Selasa, 10/08/2024.

Kali ini Laipeny, memakai metode diskusi dalam kegiatan pembinaannya. Metode mengajar diskusi adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif untuk bertukar pikiran, berbagi pendapat, dan memecahkan masalah dalam suatu kelompok. Menurutnya metode ini sangat efektif untuk mendorong pemikiran kritis, partisipasi, serta keterampilan sosial dan komunikasi siswa.

Laipeny mengangkat topik “Rencana Allah bagi Saya” dengan nats pembimbing dari Kitab Hakim-Hakim pasal 13-16. Pasal-pasal ini mengisahkan tentang perjalanan hidup seorang tokoh terkenal di zamannya yakni Simson.

Setelah para siswa diajak untuk bernyanyi dan berdoa, Laipeny membagi mereka dalam tiga kelompok besar dan mereka diberikan pertayaan. Diberikan kesempatan kepada masing-masing anggota kelompok untuk berdiskusi selama dua puluh lima menit, setelahnya itu mereka mempersentasikan hasil diskusi.

Kegiatan berjalan dengan sangat baik sesuai dengan harapan Penyuluh yaitu, mereka mampu berpikir kritis terhadap pertayaan-pertayaan yang sebelumnya diberikan oleh Penyuluh. Para siswa aktif sehingga membuat suasana kelas menjadi dinamis dan interaktif.