Menjadi Narasumber Dalam Rapat Pembentukan Dan Evaluasi, Kakan Kemenag Malra Paparkan 8 Pokok Materi Bimbingan Perkawinan.

Humas Berita Utama 01 Mei 2024 22 kali Menjadi Narasumber Dalam Rapat Pembentukan Dan Evaluasi, Kakan Kemenag Malra Paparkan 8 Pokok Materi Bimbingan Perkawinan.

Langgur (1/5/2024) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara, Ahmad Raharusun, S.Pd., M.Pd., menjadi narasumber dalam kegitan pembentukan dan evaluasi jejaring skrining layak hamil, ANC, dan pencegahan stunting. Kegiatan berlangsung di Ball Room Hotel Suita Langgur Rabu, 1/5/2024.
Acara dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BPKBD) Maluku Tenggara, serta perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, ini merupakan langkah penting dalam upaya peningkatan kesehatan reproduksi dan pencegahan stunting di wilayah tersebut.

Dalam materinya, Ahmad Raharusun menekankan pentingnya Bimbingan Perkawinan sebagai fondasi untuk membangun keluarga yang sakinah. Ia memaparkan delapan poin penting yang menjadi pokok dari materi bimbingan perkawinan, yaitu:

Membangun landasan keluarga sakinah
Merencanakan perkawinan yang kokoh menuju keluarga sakinah
Memahami dinamika perkawinan
Menyadari kebutuhan keluarga
Menjaga kesehatan keluarga
Membangun generasi yang berkualitas
Ketahanan keluarga dalam menghadapi tantangan kekinian
Mengenali dan menggunakan hukum untuk melindungi perkawinan dan keluarga

Kakan Kemenag juga menyatakan dukungannya terhadap program yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan dan menyatakan kesiapannya untuk bekerja sama dalam melaksanakan bimbingan perkawinan. Ini termasuk langkah-langkah pencegahan terhadap penyakit menular bagi calon pengantin serta pencegahan dini stunting, yang merupakan bagian dari upaya lebih luas untuk menjaga kesehatan reproduksi di Maluku Tenggara. Ujar Raharusun.

Rapat ini diharapkan dapat menjadi langkah penting dalam upaya bersama antara Dinas Kesehatan, Kementerian Agama dan BPKBD untuk menciptakan generasi yang lebih sehat dan kuat di masa depan.