Laksanakan Penyuluhan Di MAN 1 Maluku Tenggara, Semangat Cinta, Membangun Kebanggan Agama dan Bangsa

Rini Latar, S.Sos.I Berita Satker 03 Mei 2024 406 kali Laksanakan Penyuluhan Di MAN 1 Maluku Tenggara, Semangat Cinta, Membangun Kebanggan Agama dan Bangsa

Langgur, Inmas, 03/05/2024, -Ketua POKJALUH Agama Islam Jisman Derwotubun, SHI Fitrotussalama Z. Matdoan, S.Ag memberikan pendampingan dan Penyuluh di Madrasah Aliyah Negeri 1 Langgur, materi yang di sampaikan tentang “Cinta Kepada Agama dan Bangsa”, Kegiatan Yang rutin diikuti oleh Siswa Siswi MA Negeri 1 Maluku Tenggara di Musolah Man N.1 Malra itu bertujuan membentuk karakter dan kepribadian pada ekstra kurikuler. Jumat 03/05/2024

Jisman menyampaikan bahwa Dalam Islam, cinta pada agama dan bangsa merupakan nilai yang sangat penting dan dituntut sebagai bagian dari iman yang utuh. Berikut adalah beberapa konsep tentang cinta pada agama dan bangsa dalam Islam

Cinta pada Agama (Islam)  Islam mengajarkan bahwa cinta pada agama adalah bagian tak terpisahkan dari iman. Rasulullah Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Tidaklah seseorang beriman sehingga aku menjadi lebih dicintainya daripada anaknya, orang tuanya, dan seluruh manusia." (HR. Al-Bukhari)

Islam juga mengajarkan untuk mencintai bangsa dan tanah air. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Cinta kepada tanah air adalah sebagian dari iman." (HR. Ahmad)

Cinta pada bangsa meliputi rasa cinta, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap keutuhan dan kejayaan bangsa, serta partisipasi dalam pembangunan dan kemajuan negara. Islam menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam masyarakat, tanpa memandang perbedaan suku, ras, atau etnis. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Sesungguhnya umatku akan tetap dalam kebaikan selama mereka tidak saling membenci." (HR. Ahmad)

Cinta pada agama dan bangsa saling mendukung dan melengkapi satu sama lain. Kedua nilai ini bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang beriman, bertakwa, dan bermartabat. Seorang Muslim yang mencintai agamanya akan berusaha menjaga kehormatan dan kesucian Islam, serta berkontribusi dalam memajukan bangsa dan negara sesuai dengan prinsip-prinsip Islam. Cinta pada agama dan bangsa dalam Islam juga mencakup tanggung jawab untuk melawan segala bentuk ekstremisme, radikalisme, serta upaya-upaya yang dapat merusak persatuan dan kesatuan umat.

Dengan demikian, cinta pada agama dan bangsa merupakan bagian integral dari ajaran Islam yang mengajarkan umatnya untuk mencintai Allah, Rasul-Nya, Al-Quran, serta untuk memperjuangkan keutuhan dan kejayaan bangsa dan negara sesuai dengan nilai-nilai Islam yang luhur

Derwotubun Juga Menanmbahkan, Dasar utama yang di perhatikan sejak dini adalah pengetahuan agama sebagai dasar atau pondasi dalam diri sebelum pengetahuan umum, sebab agama (Iman) tyang nantinya mengarahkan karakter dan pengetahuan seseorang agar menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi sesame Pungkasnya.

Maka sebagai orang beriman hal mendasar yang harus dijaga adalah Solat. Jika solat seorang hamba itu dijaga dengan baik dan benar maka segala kemungkaran akan menjauh dan perbutan baik akan mengalir secara mudah dalam diri seorang Mukmin.