Laksanakan PAT dan SAS Genap Tahun 2024, Kepala MAN Maluku Tenggara: Utamakan Kejujuran!

MAN Malra Berita Satker 27 Mei 2024 749 kali Laksanakan PAT dan SAS  Genap Tahun 2024, Kepala MAN Maluku Tenggara: Utamakan Kejujuran! Kepala Madrasah, Ahmad Seknun, S.Ag. melakukan monitoring pelaksanaan PAT dan SAS di ruang-ruang ujian.

Maluku Tenggara—Inmas. Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Maluku Tenggara melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) dan Sumatif Akhir Semester (SAS) pada semester genap tahun pelajaran 2023-2024. Untuk siswa-siswi kelas XI masih menggunakan kurikulum 2013 sehingga istilah yang digunakan adalah PAT, sedangkan untuk kelas X sudah mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan istilah SAS. Berdasarkan kalender pendidikan, PAT dan SAS dilaksanakan selama 6 hari, dimulai pada Senin, 27 Mei hingga 3 Juni 2024 mendatang. 


Pelaksanaan PAT dan SAS di MAN Maluku Tenggara dilakukan secara online (paperless). Metode PAS dan SAS yang digunakan adalah Computer Based Test (CBT) dengan menggunakan aplikasi google form yang diakses dari gawai setiap siswa.


Diwawancarai langsung oleh tim Humas MAN Maluku Tenggara, R. Sunarti Ismail, S.Pd. selaku Ketua Panitia menyatakan bahwa PAT dan SAS hari pertama (27/5) dimulai pada pukul 07.30-12.00 WIT berlangsung lancar dan tertib. “Alhamdulillah penyelenggaraan PAT Genap untuk kelas XI dan SAS untuk kelas X hari pertama sudah berlangsung tanpa ada kendala yang berarti, Alhamdulillah tertib dan lancar untuk hari ini. Insya Allah sampai dengan hari terakhir berjalan lancar dan tertib. Harapan kami dengan diadakannya PAT dan SAS, guru bisa melihat sejauh mana kemampuan peserta didik dalam penguasaan materi yang telah diajarkan selama semester genap ini.” pungkas Sunarti, selaku Ketua Panitia PAT dan SAS kali ini.


Sementara itu, Ahmad Seknun, S.Ag. selaku Kepala MAN Maluku Tenggara di sela monitoring di hadapan peserta didik mengungkapkan pentingnya mengutamakan kejujuran. “Dalam ujian, tujuan utama bukan hanya untuk memperoleh nilai tinggi, tetapi juga untuk membuktikan kemampuan diri dan memperoleh pengalaman berharga. Ujian memungkinkan siswa untuk menghadapi tantangan yang mungkin belum pernah mereka alami sebelumnya. Di tengah tekanan dan ketegangan, kejujuran menjadi fondasi penting yang harus dijunjung tinggi.”, ungkap Seknun. 


Panitia penyelenggara berharap, semangat para siswa dan guru tetap sama sampai akhir, sehingga PAT dan SAS kali ini meninggalkan kesan bahagia dalam hati semua siswa MAN Maluku Tenggara. (FL)