Kunjungan Seksi Bimas Katolik ke Paroki St. Ludovikus Faan Berbuah Kerjasama Pembinaan Umat

Bimas Katolik Berita Utama 16 Mei 2024 115 kali Kunjungan Seksi Bimas Katolik ke Paroki St. Ludovikus Faan Berbuah Kerjasama Pembinaan Umat

Langgur - Inmas (16/5/2024) Seksi Bimas Katolik yang dipimpin oleh Johanis Letsoin, S.Sos melakukan kunjungan ke Paroki St. Ludovikus Faan. Mereka disambut hangat oleh Pastor Paroki RP. Dayu, MSC. Pertemuan yang berlangsung di Pastoran Stasi St. Ludovikus Faan ini membahas sejumlah agenda  yang akan memajukan pendidikan iman di komunitas setempat.

Dalam kunjungan tersebut, seksi Bimas Katolik menyampaikan rencana pengambilan data umat Paroki, yang bertujuan untuk memperbarui basis data yang digunakan dalam pembinaan umat. Inisiatif ini diharapkan dapat memperkuat fondasi data yang akurat dan terintegrasi untuk mendukung program-program pastoral di masa depan.

Selain itu, dibahas pula kerja sama penyuluh agama Katolik dalam memberikan bimbingan dan penyuluhan kepada umat. Penyuluh agama Katolik memiliki peran penting sebagai agen moderasi beragama, yang tidak hanya membimbing umat dalam aspek spiritual, tetapi juga menjadi mediator dalam dialog antaragama dan menjaga kerukunan umat beragama1.

Pastor Paroki, RP. Dayu, MSC, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Bimas Katolik dan menegaskan kesiapannya untuk melaksanakan kerjasama dalam pembinaan Orang Muda Katolik serta Katekese bagi umat. Program katekese yang disesuaikan dengan jadwal Paroki ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan praktik iman di kalangan umat.

Pastor Dayu juga menekankan pentingnya pembinaan berkelanjutan yang dilakukan oleh Bimas Katolik bagi Pasangan Suami Istri dan Orang Muda Katolik, termasuk SEKAMI (Serikat Komuni Anak Muda Indonesia), untuk memastikan kualitas generasi gereja yang baik di masa depan. Pembinaan ini diharapkan dapat membentuk karakter dan spiritualitas yang kuat di kalangan umat, khususnya generasi muda.

Kunjungan ini menandai awal dari serangkaian kerjasama yang diharapkan dapat membawa dampak positif dan berkelanjutan bagi perkembangan iman dan komunitas Katolik di Paroki St. Ludovikus Faan.