KUA Kecamatan Kei Kecil Tmur Gelar Safari Jumat Di Desa Mastur Baru, Ajak Warga Jaga Ukhuwah

Milhan Rehalat Berita Satker 13 September 2024 295 kali KUA Kecamatan Kei Kecil Tmur Gelar Safari Jumat Di Desa Mastur Baru, Ajak Warga Jaga Ukhuwah Hutbah Jumat oleh Milhan Rehalat,S.HI Penghulu KUA Kecil Timur

Rumaat, Kei Kecil Timur, 1309/2024 - KUA Kecamatan Kei Kecil Timur melaksanakan kegiatan Safari Jumat di Masjid Al Gahtan Mastur Baru sebagai bagian dari pelaksanaan program bimbingan masyarakat.

Pada Safari Jumat kali ini, Penghulu Milhan Rehalat, SHI, dan Kepala KUA Kecamatan Kei Kecil Timur, Yassin Abdillah, SHI, masing-masing mengambil peran sebagai khotib dan imam sholat jumat.

Dalam khutbahnya. Milhan Rehalat, S.HI mengulas materi dengan tema  Menjaga Persaudaraan walaupun berbeda Pilihan Politik. Menurut Rehalat, tema sengaja Ia angkat untuk mengingatkan para jamaah mengenai pentingnya menjaga persaudaraan antar sesam muslim.

"Sengaja kami memilihbl tema khutnah yang membahas persaudaraa mengingat semakin dekatnya perhelatan pilkada yang berpotensi menjadikan masyarakat terpolarisasi" Ujarnya.

Ia kemudian mengulas beberapa poin penting, antara lain:.perbedaan Sebagai Keniscayaan, menjaga Ukhuwah Islamiyah, etika dalam berpolitik dan bersandar pada taqwa.

Ia mengajak jemaah untuk menyadari bahwa perbedaan, termasuk dalam pilihan politik, adalah hal yang alami. Setiap individu memiliki hak untuk memilih sesuai dengan hati nurani dan keyakinannya. Selain itu Ia juga menjelaskan bahwa persaudaraan sesama umat Islam hendaknya selalu dijaga, meskipun ada perbedaan pilihan politik.

Lebih janjut Rehalat  menekankan bahwa ukhuwah yang kuat akan memperkuat solidaritas dan kerukunan di tengah masyakarat. Sikap saling menghormati dan tidak menggunakan kata-kata kasar atau provokatif.

"Dalam pergaulan sosial kita harus menjaga etika dalam berkominikasi dan berpendapat, setiap tutur kata kita harus diiringi dengan adab dan etika yang baik". sambungnya.

Di akhir khutbahnya, Rehalat juga tak lupa mengajak jamaah untuk selalu mengandalkan Allah SWT dan menjaga ketaqwaan, serta mendoakan agar segala urusan menjadi mudah dan diberkahi.

Sholat jumat yang dihadiri oleh masyarakat desa Mastur Baru ini kemudian  dilaksanakan penuh kikmat dan dip[impin oleh Yassin Abdillah, Kepala KUA Kecamatan Kei Kecil Timur

Kegiatan Safari Jumat ini bertujuan untuk memperkuat hubungan ukhuwah di tengah beragam perbedaan, serta mengingatkan pentingnya menjaga persaudaraan dalam setiap aspek kehidupan, termasuk dalam politik.

Dengan kegiatan safari ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi semua umat Islam khususnya masyarakat Mastur Baru untuk tetap bersatu meski dalam perbedaan.