KUA Kec. Kei Kecil Selenggarakan Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kecamatan di Balai Nikah dan Manasik Haji

KUA Kei Kecil Berita Satker 25 April 2024 36 kali KUA Kec. Kei Kecil Selenggarakan Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kecamatan di Balai Nikah dan Manasik Haji Foto acara Pembukaan Manasik Haji di Balai Nikah KUA Kei Kecil

Kei Kecil, Maluku Tenggara- Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kei Kecil menyelenggarakan Manasik Haji Tingkat Kecamatan di Balai Nikah dan Manasik Haji, Rabu (24/4/2024).

Acara ini dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Maluku Tenggara, Bapak Ahmad Raharusun,S.Pd,M.Pd.

Dalam sambutannya, Bapak Ahmad Raharusun menyampaikan bahwa kegiatan Manasik Haji ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan bimbingan kepada calon jamaah haji tentang tata cara ibadah haji yang benar.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan calon jamaah haji dapat memahami segala rukun dan wajib haji, serta dapat melaksanakannya dengan baik dan benar selama berada di Tanah Suci," ujar Bapak Ahmad Raharusun. Manasik Haji ini diikuti oleh sekitar 84 orang calon jamaah haji yang berasal dari berbagai desa di Kecamatan di Maluku Tenggara.

Materi yang diberikan mencakup tata cara ibadah haji, mulai dari ihram hingga tahallul, serta aspek kesehatan dan keamanan selama berhaji. Sebagai narasumber, Ustadz Drs. Hi. M.Zein Matdoan (Ketua MUI Malra)., Ustaz Drs. Hi. Arifin Difinubun,M.Sos.I. dll, yang akan memberikan penjelasan yang komprehensif dan mudah dipahami oleh para calon jamaah haji.

"Alhamdulillah, kegiatan Manasik Haji ini sangat bermanfaat bagi saya. Saya jadi lebih paham tentang tata cara ibadah haji yang benar. Semoga ilmu yang saya peroleh ini dapat saya amalkan nanti ketika berada di Tanah Suci," ungkap salah seorang calon jamaah haji, Ibu Fatimah.

Acara Manasik Haji Tingkat Kecamatan ini merupakan salah satu rangkaian manasik yang ditetapkan oleh Menteri Agama. kepala KUA Kei Kecil (Muchlis Azhari Rahayaan) sebagai penyelenggara menyampaikan persiapan yang dilakukan oleh KUA Kecamatan Kei Kecil untuk membekali para calon jamaah haji ke Tanah Suci.

Bimbingan manasik Haji tingkat Kecamatan ini sudah menjadi rutin dilaksanakan oleh KUA Kei Kecil setiap tahunnya, ujar Muchlis Azhari Rahayaan