Ketua Majelis Pekerja Klasis Gereja Protestan Maluku Pulau-Pulau Kei Kecil dan Kota Tual, Pdt. Iren Koljaan, Berbagi Visi Penguatan Moderasi Beragama di Nuhu Evav

Kristen Berita Satker 23 Mei 2024 278 kali Ketua Majelis Pekerja Klasis Gereja Protestan Maluku Pulau-Pulau Kei Kecil dan Kota Tual, Pdt. Iren Koljaan, Berbagi Visi Penguatan Moderasi Beragama di Nuhu Evav

Langgur, Inmas, 23/05/2024, Ketua Majelis Pekerja Klasis (MPK) Gereja Protestan Maluku Pulau-Pulau Kei Kecil dan Kota Tual, Pdt. Iren Koljaan, S. Th menjadi narasumber pada pelaksanaan kegiatan pembinaan Penyuluh Agama Kristen yang berlangsung di Desa Ohoidertawun pada hari Rabu, 22/05/2024.

Pada kesempatan ini Koljanan memberikan materi dengan judul materi “Strategi Efektif Memperkuat Moderasi Beragama di Nuhu Evav dan Hubungan Moderasi Beragama dengan Nilai-Nilai Kristiani.” Didalam pemaparan materinya, Koljaan memberikan penjelasan mengenai pengertian moderasi beragama dan pandangan Alkitab mengenai Moderasi Beragama. 

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Moderasi Beragama penting diterapkan dalam kehidupan berbangsa mengingat keragaman suku, adat dan agama di Indonesia. Moderasi Beragama adalah sikap mengambil jalan tengah, tidak berlebihan dalam beragama. Sikap ekstrim dan fanatik dapat merusak persaudaraan yang telah terbangun selama ini. Berkaca dari pengalaman masa lalu, kita perlu untuk menguatkan moderasi beragama di Nuhu Evav. Sudah banyak strategi yang dilakukan oleh gereja dan pemerintah daerah bahkan dalam hal penyelesaian konflik yang terjadi beberapa waktu lalu, imbuhnya.

Diakhir materinya Koljaan memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya. Ada sembilan orang peserta yang bertanya dan memberikan tanggapan bahkan masukan. Turut hadir dalam kegiatan ini perwakilan dari Angkatan Muda dan Guru Sekolah Minggu ranting Elim Jemaat Ohoidertawun. (HL)