Kepala Seksi Bimas Islam Sampaikan Ceramah Ramadhan di Masjid At Taubah LP Kelas IIB Tual

Bimais Berita Satker 15 Maret 2024 32 kali Kepala Seksi Bimas Islam Sampaikan Ceramah Ramadhan di Masjid At Taubah LP Kelas IIB Tual

Maluku Tenggara - Kepala Seksi Bimas Islam Bukhori Zainun, S.HI, didampingi oleh Ridwan Kabalmay, S.HI. sampaikan ceramah Ramadhan  di Masjid At Taubah LP Kelas IIB Tual Kamis, 14/3/2024. Dalam ceramahnya Ia mengajak jamaah untuk merenungkan makna Ramadhan dan mengambil langkah-langkah positif untuk menjadikan Ramadhan tahun ini lebih baik dari sebelumnya.

Kepala Seksi Bimas Islam menekankan pentingnya muhasabah pada pengalaman Ramadhan tahun sebelumnya. Dia mengemukakan bahwa dengan merenungkan kekurangan dan kesalahan yang dilakukan pada Ramadhan sebelumnya, seseorang dapat memperbaiki diri dan menghadapi Ramadhan tahun ini dengan lebih baik.

"Dengan melihat kembali apa yang telah kita lakukan, baik dalam ibadah maupun perilaku kita sepanjang Ramadhan tahun lalu, kita dapat mengidentifikasi bagiam-bagian di mana kita dapat meningkatkan diri kita sendiri. Inilah yang disebut dengan muhasabah. Dan dengan muhasabah ini, kita dapat memastikan bahwa setiap Ramadhan kita lebih baik dari sebelumnya," kata Bukhori .

Selain itu, Ia menambahkan aspek penting lainnya dalam menjalani Ramadhan dengan baik, yakni menjadikan setiap Ramadhan seolah-olah itu yang terakhir. "Ketika kita menyadari bahwa setiap Ramadhan mungkin saja menjadi yang terakhir bagi kita, kita akan merasakan penting untuk memanfaatkannya sebaik mungkin. Kita akan beribadah dengan lebih sungguh-sungguh, berbuat kebaikan dengan lebih besar, dan menjauhi segala bentuk maksiat dengan lebih tegas," ujar Bukhori.

Ceramah yang dihadiri oleh petugas dan warga binaan lapas ini tidak hanya memberikan inspirasi dan motivasi, tetapi juga meneguhkan tekad mereka untuk menjalani Ramadhan tahun ini dengan penuh kesadaran dan keberkahan.