Kemenag Malra Sosialisasikan Persiapan Haji 2024, Jamaah Diminta Persiapkan Diri

Humas Berita Utama 06 Februari 2024 29 kali Kemenag Malra Sosialisasikan Persiapan Haji 2024, Jamaah Diminta Persiapkan Diri

Langgur (Inmas) - Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara melaksanakan penyuluhan manasik haji sepanjang tahun bagi jamaah haji yang akan berangkat pada tahun 2024. Kegiatan ini digelar di gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu Malra, Selasa (6/2/2024).

Penyuluhan manasik haji sepanjang tahun ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pemahaman dan kesiapan jamaah haji dalam melaksanakan ibadah haji di tanah suci. Materi yang disampaikan pada hari ini tentang Alur Perjalanan Ibadah Haji yang disampaikan oleh H. Pacar Lusubun, S.Pd.I

Kepala Seksi PHU Kemenag Malra, Drs. Malakadin Baco, mengatakan bahwa penyuluhan manasik haji sepanjang tahun ini merupakan program rutin yang dilakukan untuk para jamaah haji. Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi jamaah haji dalam mempersiapkan diri secara fisik, mental, dan spiritual.

“Kami berupaya memberikan pembinaan kepada jamaah haji sesuai yang sudah diprogramkan, agar mereka memiliki bekal yang cukup untuk menjalankan ibadah haji dengan baik dan benar. Kami juga mengingatkan jamaah haji untuk selalu menjaga kesehatan, memperhatikan waktu istito’ah dan dan waktu pelunasan sesuai waktu yang telah ditentukan.

Peserta yang hadir dalam penyuluhan manasik haji sepanjang tahun ini berjumlah 66 orang jamaah haji. Jamaah haji Maluku Tenggara yang berhak lunas berjumlah 93 orang, terdiri dari reguler 66 orang, prioritas lansia 5 orang, cadangan 22 orang, yang sudah istito’ah 67 orang, dan yang sudah pelunasan tahap satu 53 orang.