Kemenag Malra Gelar Upacara Hari Guru Nasional ke 78, Kakan Kemenag Bacakan Sambutan Menteri

Humas Berita Utama 25 November 2023 621 kali Kemenag Malra Gelar Upacara Hari Guru Nasional ke 78, Kakan Kemenag Bacakan Sambutan Menteri

Langgur-Inmas, 25 November 2023 - Kementerian Agama Maluku Tenggara peringati Hari Guru Nasional ke-78 dengan menggelar upacara di halaman MAN Maluku Tenggara yang dihadiri para pejabat Kemenag, ASN, para guru dan siswa siswi Madrasah.

Kakan Kemenag Malra, Ahmad Raharusun S.Pd M.Pd. bertindak sebagai Pembina Upacara dan membacakan sambutan  Menteri Agama Republik Indonesia. 

Dalam sambutannya, Menteri Agama menegaskan bahwa profesi guru adalah profesi yang agung dan bermartabat. Ia memberikan apresiasi yang tinggi kepada para guru atas peran mereka dalam membentuk generasi yang tangguh, sesuai dengan nilai-nilai agama dan budaya.

"Saat tantangan zaman kian kompleks, guru ikut memikul tanggung jawab besar dalam membentuk generasi yang tangguh, sesuai dengan nilai-nilai agama dan budaya. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama kehadiran kecerdasan buatan seperti Artificial Intelligence (AI), menjadikan guru untuk terus menjadi pembelajar demi lahirnya anak bangsa yang mumpuni dalam merespons isu global masa kini," ungkap Menteri Agama melalui sambutan yang dibacakan.

Tema Hari Guru Nasional tahun 2023, "Guru Pembelajar, Bahagia Mengajar," menjadi cerminan dari peran guru sebagai agen transformasi. Raharusun menekankan pentingnya guru sebagai pembelajar yang terus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ia menyatakan, "Guru yang bahagia dalam pembelajarannya akan mampu memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi siswa, menciptakan suasana kelas yang dinamis dan inovatif."


Peringatan Hari Guru ke 78 juga dimeriahkan dengan pembacaan puisi dari siswa-siswi MAN Maluku Tenggara sebagai bentuk apresiasi terhadap para guru. Semangat dan semarak Hari Guru Nasional di MAN Maluku Tenggara ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi seluruh komponen pendidikan untuk terus bekerja sama dalam memajukan dunia pendidikan di Maluku Tenggara.