Kasubbag TU Kemenag Malra Sampaikan Tausiah dan Doa Pada Acara Bakti Sosial dan Khitanan Massal di Lapas Kelas II B Tual

Humas Berita Utama 03 Agustus 2024 45 kali Kasubbag TU Kemenag Malra Sampaikan Tausiah dan Doa Pada Acara Bakti Sosial dan Khitanan Massal di Lapas Kelas II B Tual

Langgur, Inmas 3/8/2024 - Mewakili Kepala antor Kemenag Maluku Tenggara, Kasubbag TU, Muhammad Yusri Bau, SHI., M.Si., menghadiri Bakti Sosial dan Khitanan Massal Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-79 dan Hari Pengayoman yang diadakan oleh Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Tual pada Sabtu, 03/08/2024.

Acara yang berlangsung di halaman Lapas ini dihadiri oleh Pj. Wali Kota Tual, Asisten 2 Setda Maluku Tenggara, serta pimpinan OPD Maluku Tenggara dan Kota Tual.

Pada kesempatan itu, Yusri Bau menyampaikan taushiyah dan doa di awal acara. Dalam tausiahnya,  Ia menguraikan dasar hukum khitan dalam perspektif Islam.

Menurutnya, ajaran Islam tidak semata-mata membawa ajaran baru melainkan juga melestarikan syariat-syariat yang telah dilaksanakan oleh umat terdahulu yang dalam istilah ilmu ushul fiqh dkenal sbagai Syar;un Man Qablana.

"Selain khitan atau sunat, umat-umat terdahulu juga telah diperntahkan untuk melaksanakan Sholat, puasa. Bahkan ibadah haji yang merupakan puncak ibadah dalam Islam adalah napak tilas dari peristiwa di zaman nabi Ibrahim as." paparnya.

Ia juga menegaskan bahwa menurut ulama-ulama yang bermazhab syafi'i yang pendapat mereka dianut oleh mayoritas umat Islam di Indonesia, khitan hukumnya wajib bagi laki-laki.

"Jadi anak-anak yang hari ini dikhitan telah melaksanakan Sebagian kewajiban agamanya. lanjut Yusri Bau.

Usai tausiah, Ia juga memimpin doa memohon rahmat dan keberkahan kegiatan yang dilaksanakan.

Sunatan massal ini diikuti oleh 23 anak yang besrasal dari kota Langgur dan sekitarnya dan juga 5 orang warga binaan Lapas.

Di akhir acara, Kasubbag TU menyempatkan diri memantau secara angsung proses pelaksanaan khitan di ruang Aula Lapas Kelas II B Tual Bersama jajaran pejabat yang hadir.