Kantor Kemenag Malra Resmi Miliki Web Portal Dengan Subdomain KEMENAG.GO.ID, Grand Launching Direncanakan Pekan Ini

Bilsyah Berita Utama 05 Desember 2023 118 kali Kantor Kemenag Malra Resmi Miliki Web Portal Dengan Subdomain KEMENAG.GO.ID, Grand Launching Direncanakan Pekan Ini

Langgur-Inmas, 5 Desember 2023. Kantor Kementerian Agama Maluku Tenggara resmi memiliki website baru dengan subdomain Kemenag yang dapat diakses melalui URL: HTTPS://MALUKUTENGGARA.KEMENAG.GO.ID.

Pengembangan website ini merupakan upaya KanKemenag Maluku Tenggara untuk memperluas akses informasi kepada masyarakat tentang berbagai kegiatan dan layanan yang disediakan oleh Kementerian Agama di wilayah Maluku Tenggara.

Kasubag Tata Usaha Muhammad Yusri Bau S.HI M.SI selaku Web Developer sekaligus ketua tim pengelola website Kemenag Maluku Tenggara yang ditemuai di ruang kerjanya menegaskan bahwa website ini dijadwalkan akan diluncurkan dalam pekan ini.

“Rencananya grand launching website Kemenag Maluku Tenggara akan dilaksanakan bertepatan dengan kunjungan Stafsus Menteri dan Kakanwil Maluku pada kunjungan ke Kabupaten Maluku Tenggara di akhir pekan ini” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengungkapakan bahwa Web portal atau website kemenag maluku Tenggara dibangun dengan tekhnologi php versi 7.4 dengan dukungan framework Codeigniter 4.3 sehingga dari segi security lebih terjamin. Demikian juga dari aspek desain telah menerapkan desain responsive sehingga dapat menyesuaikan dengan berbagai platform OS dan ukuran layar baik perangkat dekstop maupun perangkat mobile.

Menurut Yusri Bau, website kemenag Maluku Tenggara ini telah melalui serangkaian uji security oleh Biro Humas, Data dan Informasi Sekretariat Jenderal Kemenag RI selama 1 bulan. Uji yang dilakukan diantaranya uji security berupa penetration test dan sql injection. Meskipun beberapa kali dinyatakan tidak lolos uji namun atas kerja keras tim akhirnya dapat melewati ujian dengan status layak publikasi.

Website ini diharapkan dapat menjadi wadah yang efektif bagi masyarakat Maluku Tenggara untuk mendapatkan informasi terkini seputar kegiatan dan program-program yang dilaksanakan oleh Kemenag. Selain itu, website ini juga akan memberikan akses mudah bagi masyarakat untuk memperoleh informasi mengenai layanan-layanan keagamaan, seperti jadwal ibadah, informasi kantor, hingga informasi tentang pernikahan dan haji.

(Reporter: THM, Foto: SLM)