Kakankemenag Malra Minta Jemaah Haji Pahami Aspek Istita'ah

Bilsyah Berita Utama 06 Februari 2024 28 kali Kakankemenag Malra Minta Jemaah Haji Pahami Aspek Istita'ah

Langgur(Inmas) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara  Ahmad Raharusun, S.Pd M.Pd meminta seluruh Jamaah Calon Haji Kabupaten Maluku Tenggara agar memahami aspek istitha'ah dalam pelaksanaan ibadah haji.

Hal itu disampaikan oleh Ahmad Raharusun saat menyampaikan arahan pada Penyuluhan Manasik Haji Sepanjang Tahun yang kembali digelar hari ini, Selasa (6/2/2024) di gedung Pusat Layanan Haji Umroh Terpadu Malra.

Dalam arahannya, Kakan Kemenag Malra menekankan kesadaran jamaah atas syarat Istito’ah yang tertera dalam Quran Surat Ali Imron Ayat 97. Ayat tersebut berbunyi: “Dan kewajiban manusia terhadap Allah ialah mengerjakan haji ke Baitullah, yaitu bagi orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke sana. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.”

“Syarat Istito’ah ini berarti bahwa jamaah calon haji harus memiliki kemampuan fisik, mental, dan finansial untuk melaksanakan ibadah haji. Jika ada jamaah yang tidak memenuhi syarat ini, maka jangan dipaksakan. Karena Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya,” ujar Raharusun.

Ia juga mengingatkan jamaah untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum berangkat ke Tanah Suci. Selain mempelajari tata cara manasik haji, jamaah juga harus menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan diri dan barang bawaan. Ia berharap jamaah dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar, khidmat, dan mabrur.

Acara Penyuluhan Manasik Haji Sepanjang Tahun ini diikuti oleh 66 jamaah calon haji yang terdaftar di Kemenag Malra. Acara ini bertujuan untuk memberikan pembekalan dan bimbingan kepada jamaah tentang segala hal yang berkaitan dengan ibadah haji, mulai dari persiapan, pelaksanaan, hingga pasca haji.