Kakankemenag Malra Ajak Pelaku Usaha UMK Manfaatkan Layanan Sertifikasi Halal Gratis

Humas Berita Utama 04 Mei 2024 54 kali Kakankemenag Malra Ajak Pelaku Usaha UMK Manfaatkan Layanan Sertifikasi Halal Gratis

Langgur, Inmas, 04/05/2024, - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara, Ahmad Raharusun, S.Pd., M.Pd., mengajak seluruh pelaku usaha UMK yang ada di Desa Wisata Ngilngof untuk memanfaatkan layanan Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) yang dipentukkan bagi pelakua usaha mikro kecil.

Ajakan tersebut disampaikan Raharusun saat memberikan arahan kepada para pelaku usaha yang hadir pada kegiatan Kick Off Wajib Halal Oktober (WHO) 2024 di Desa WIsata Ngurbloat, Ngilngof Kecamatan Manyew Kabupaten Maluku Tenggara, pada Sabtu, 04/05/2024.

Di hadapan 50 pelaku usaha, Raharusun juga mengingatkan tentang kewajiban sertifikat halal bagi produk makanan dan minuman yang diproduksi dan dijual secara terbuka dan ketentuan ini akan mulai berlaku pada bulan Oktober nanti.

"Semua produk makanan dan minuman yang dijual di wilayah indonesia harus bersertifikat halal mulai Oktober 2024, jika saat oktober nanti bapak/ibu menjual produk makanan dan minuman tidak berlabel halal maka akan dikenai sanksi pidana dan denda sesuai peraturan perundang-undangan", lanjutnya.

Sementara itu Ketua Kelompok Sadar Wisata, Ronald Tethool yang juga hadir mengikuti kegiatan, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kantor Kemneag Maluku Tenggara yang telah menggelar kegiatan layanan sertifikasi halal di Desa Ngilngof.

"Saya mengungkapkan rasa terima kasih mewakili pelaku usaha yang ada di pantai Ngurbloat ini atas layanan yang akan diberikan kepada mereka untuk mendapatkan sertifikat halal". ujarnya.

Kegiatan layanan Pendampingan Sertifikasi Halal ini digelar oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal dan Kementerian Pariwisata RI di 3.000 Desa Wisata seluruh indonesia dalam rangka mendorong destinasi wisata Moslem Friendly Tourism dan Indonesia Moslem Travel Index. (THN)