Kakan Kemenag Maluku Tenggara Sampaikan Kultum Menjelang Buka Puasa di RRI Tual

Humas Berita Utama 14 Maret 2024 24 kali Kakan Kemenag Maluku Tenggara Sampaikan Kultum Menjelang Buka Puasa di RRI Tual

Maluku Tenggara - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara, Ahmad Raharusun, S.Pd M.Pd menyampaikan kultum menjelang buka puasa dalam program Kultum di RRI Tual, Rabu (13/3/2024).

Dalam kultumnya, Raharusun menyampaikan bahwa puasa memiliki banyak makna dan keutamaan, di antaranya membersihkan jiwa dan raga, meningkatkan ketakwaan, serta melatih kesabaran dan pengendalian diri. "Puasa bukan hanya menahan lapar dan dahaga, tetapi juga menahan hawa nafsu dan emosi," Ujar Raharusun.

Ia menjelaskan bahwa puasa dapat membersihkan jiwa dan raga dari berbagai dosa dan kesalahan. Dengan berpuasa, umat Islam juga dapat meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Selain itu, puasa juga melatih kesabaran dan pengendalian diri. Ketika berpuasa, umat Islam dituntut untuk menahan rasa lapar, dahaga, dan keinginan lainnya. Hal ini dapat melatih kesabaran dan pengendalian diri, sehingga umat Islam dapat lebih terkontrol dalam menghadapi berbagai godaan duniawi.

Selanjutnya Raharusun mengimbau seluruh umat Islam khususnya umat Islam Maluku Tenggara untuk memaksimalkan ibadah di bulan Ramadan,. Ia juga mengajak umat Islam untuk saling berbagi dan membantu sesama, terutama kepada mereka yang membutuhkan. "Mari kita manfaatkan bulan Ramadan ini untuk memperkuat ukhuwah dan kepedulian sosial kita," tandas Raharusun.

Program kultum menjelang berbuka yang digagas oleh RRI Tual ini dimanfaatkan dengan baik oleh  Kemenag Maluku Tenggara sebagai sarana untuk menyebarkan nilai-nilai keagamaan kepada masyarakat luas khususnya masyarakat Maluku Tenggara