Kakan Kemenag Maluku Tenggara Melepas Karnaval Budaya Islam, Meriahkan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H

Humas Berita Utama 16 September 2024 79 kali Kakan Kemenag Maluku Tenggara Melepas Karnaval Budaya Islam, Meriahkan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H

Langgur, Inmas 16 September 2024 – Kepala Kantor Kemenag Maluku Tenggara, Ahmad Raharusun, S.Pd., M.Pd., didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan Kemenag Maluku Tenggara, Sriyanti Raharusun, secara resmi melepas Karnaval Budaya Islam dalam rangka memeriahkan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1446 H/2024 M di halaman Kantor Kemenag Maluku Tenggara.

Kegiatan yang diselenggarakan atas kerja sama Badan Kontak Majelis Taklim BKMT dan Kantor Kemenag Maluku Tenggara ini mendapatkan dukungan dari Gota Supermarket sebagai sponsor utama. Karnaval ini juga dihadiri oleh Pembina BKMT Maluku Tenggara, Hj. Eva Eliya Hanubun, Manager Gota Supermarket, serta tokoh lintas agama, termasuk para pendeta, pastor, dan biarawati sebagai bentuk dukungan terhadap semangat toleransi antarumat beragama serta Majelis Taklim se Kabupaten Maluku Tenggara.

Dalam sambutannya sebelum pelepasan karnaval, Ahmad Raharusun menyampaikan apresiasi kepada BKMT dan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan acara ini. Ia menegaskan bahwa kegiatan semacam ini tidak hanya mempererat silaturahmi antarwarga, tetapi juga mencerminkan nilai-nilai kebersamaan dan kerukunan yang menjadi ciri khas masyarakat Maluku Tenggara.

“Kegiatan ini adalah simbol kebersamaan kita, memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan semangat persatuan, dan membuktikan bahwa Maluku Tenggara adalah daerah yang penuh dengan nilai-nilai toleransi dan keberagaman," ungkap Ahmad Raharusun.

Karnaval Budaya Islam ini merupakan awal dari rangkaian kegiatan yang telah diagendakan oleh Badan Kontak Majelis Taklim yang diketuai oleh Nur Syamsiah Hanubun, S.Pd.I dalam rangka memperingati Maulid Nabi. Rangkaian acara tersebut akan dilanjutkan dengan kegiatan cerdas cermat Islami pada tanggal 26 September 2024, yang akan diikuti oleh perwakilan ibu-ibu Majelis Taklim se-Maluku Tenggara. Selain itu, Musyawarah Besar BKMT Maluku Tenggara juga telah dijadwalkan untuk berlangsung di Ohoi Banda Ely.

Acara karnaval ini berlangsung dengan semarak, diwarnai oleh penampilan budaya dan religi dari berbagai kelompok masyarakat, khususnya ibu-ibu Majelis Taklim, yang tampil dengan penuh semangat.