Kakan Kemenag Maluku Tenggara Ajak Umat Islam Jaga Kerukunan Meski Beda Pilihan

Bilsyah Berita Utama 16 Februari 2024 54 kali Kakan Kemenag Maluku Tenggara Ajak Umat Islam Jaga Kerukunan Meski Beda Pilihan

Langgur (Inmas) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara, Ahmad Raharusun, S.Pd M.Pd, menyampaikan khutbah Jumat tentang pentingnya menjaga kerukunan di tengah perbedaan pilihan politik. Khutbah Jumat tersebut disampaikan di Masjid Agung Raudah Pemda Ohoijang Kecamatan Kei Kecil pada hari ini, Jumat, 16/02/2024.

Dalam khutbahnya, Raharusun mengajak umat Islam untuk menghormati pilihan orang lain dalam pemilihan umum yang baru saja berlangsung pada tanggal 14 Februari 2024 lalu. Ia menekankan bahwa perbedaan pilihan tidak boleh mengganggu persaudaraan dan persatuan bangsa.

“Setiap kita pasti memiliki alasan masing-masing mengapa memilih paslon capres-cawapres serta anggota legislatif tertentu. Sudah menjadi kewajiban kita sebagai makhluk yang ditakdirkan berbeda untuk menghormati pilihan orang lain. Jangan sampai kita saling mencela, mengejek, atau memfitnah karena beda pilihan. Itu adalah perbuatan yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dan nilai-nilai Pancasila,” ujar Raharusun.

Raharusun juga mengingatkan umat Islam untuk tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Ia mengajak umat Islam untuk bersikap bijak, santun, dan toleran dalam berkomunikasi dan bermasyarakat. 

“Marilah kita jaga kerukunan dan keharmonisan di antara kita. Jangan biarkan perbedaan pilihan mengubah sikap kita menjadi saling benci dan curiga. Mari kita saling menghargai dan menghormati sebagai sesama anak bangsa. Mari kita bersama-sama menjaga kedamaian dan kestabilan negara kita yang tercinta ini,” ujar Raharusun.

Sebagai Kepala Kankemenag, Ahmad Raharusun berperan sebagai pemimpin yang mendorong toleransi dan kerukunan antar umat beragama di Maluku Tenggara. Pesannya semoga seruan ini menjadi panggilan bersama untuk menjaga keharmonisan dan memperkuat persatuan di tengah keberagaman yang kaya di bangsa Indonesia, terutama di wilayah Maluku Tenggara.