Kakan Kemenag Malra Hadiri Upacara Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Rudiragama

Humas Berita Utama 17 Agustus 2024 24 kali Kakan Kemenag Malra Hadiri Upacara Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Rudiragama

Langgur, Inmas - Menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara, Ahmad Raharusun, S.Pd., M.Pd., menghadiri Upacara Renungan Suci yang digelar di Taman Makam Pahlawan Rudira Jaya Jumat, 16/8/2024. Upacara ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT RI yang bertujuan untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam perjuangan kemerdekaan.

Upacara Renungan Suci yang dimulai pada malam hari tepat pukul 00.00 tersebut berlangsung dengan khidmat. Dengan dihadiri oleh jajaran pejabat pemerintah daerah, Forkopimda, serta perwakilan berbagai instansi, upacara ini menjadi momen penting untuk merenungkan perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempersembahkan jiwa dan raganya demi kemerdekaan bangsa.

Dalam kesempatan tersebut, Ahmad Raharusun berkesempatan membacakan doa. Doa yang dipanjatkannya berisi permohonan agar arwah para pahlawan diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa dan diberi tempat terbaik di alam baka. Ia juga memohon agar semangat perjuangan dan pengorbanan para pahlawan terus menjadi inspirasi bagi generasi saat ini dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Upacara Renungan Suci ini ditandai dengan penyalaan obor dan penghormatan kepada para pahlawan yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Rudira Jaya. 

Kehadiran Kakan Kemenag Malra dalam upacara ini tidak hanya menunjukkan penghargaan terhadap jasa para pahlawan, tetapi juga mempertegas komitmen Kementerian Agama dalam menjaga nilai-nilai kebangsaan dan keagamaan yang telah diwariskan oleh para pendiri bangsa. Upacara ini menjadi pengingat bagi seluruh masyarakat akan pentingnya menjaga persatuan, kesatuan, dan semangat perjuangan dalam mengisi kemerdekaan.