Kakan Kemenag Malra Hadiri Peresmian Yonif 735/Nawasena

Bilsyah Berita Utama 29 Januari 2024 225 kali Kakan Kemenag Malra Hadiri Peresmian Yonif 735/Nawasena

Langgur-Inmas. 29/01/2024- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Ahmad Raharusun, S.Pd M.Pd, menghadiri upacara peresmian Batalyon Infanteri (Yonif) 735/Nawasena yang bermarkas di Desa Ibra, Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara, Senin (29/1/2024).

Upacara peresmian tersebut dipimpin oleh Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, yang juga meresmikan alih kodal dua Kompi Senapan Yonif 731/Kabaresi dan 2 Kompi Senapan Yonif 734/Satria Nusa Samudera menjadi kompi-kompi di Yonif 735/Nawasena.

Dalam sambutannya, Pangdam mengatakan, pembentukan Yonif 735/Nawasena ini merupakan realisasi dari kepercayaan masyarakat, pemerintah daerah dan segenap komponen bangsa yang ada di wilayah Malra. Ia berharap, satuan baru ini dapat menjaga dan memelihara keamanan, kedaulatan dan kesejahteraan bangsa khususnya di wilayah Maluku.

Kakan Kemenag Malra Ahmad Raharusun, S.Pd M.Pd, mengapresiasi langkah Pangdam dalam membentuk Yonif 735/Nawasena. Ia mengatakan, kehadiran satuan ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Malra, terutama dalam menjalankan ibadah dan kegiatan keagamaan.

“Kami dari Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara menyambut baik dan mendukung penuh pembentukan Yonif 735/Nawasena. Kami berharap, satuan ini dapat bersinergi dengan pemerintah daerah, Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh elemen masyarakat dalam menjaga kerukunan, toleransi dan persatuan di wilayah ini,” ujar Raharusun.

Turut hadir dalam upacara peresmian tersebut, antara lain Komandan Korem 151/Binaiya Brigjen TNI Aminton Manurung, Asisten Perencanaan Kasdam Pattimura Kolonel Czi Harry Praptomo, Komandan Lanal Tual Kolonel Laut (P) Guntur Alamsyah, Komandan Brigif 27/Nusa Ina Kolonel Inf Bintara Sektiawan, Komandan Lanud Dominicus Dumatubun Letkol Pas Muhammad Junaidi, Komandan Kodim 1503/Tual Letkol Inf Kadek Muliarsa, Komandan Denpom Masohi Letkol CPM Yusup, Komandan Yonif 734/SNS Mayor Inf Nuriman Siswandi dan Komandan Yonif 735/Nawasena Mayor Inf Andi Agus Salim.

Selain itu, juga hadir penjabat Bupati Malra Drs. Jasmono, M.Si, Wali Kota Tual A. Yani Renuat, S.Sos M.Si, Forkopimda Malra dan Kota Tual, tokoh agama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya2.

Setelah upacara peresmian, Pangdam beserta tamu undangan melanjutkan kegiatan pemotongan pita, penanaman pohon dan peninjauan pangkalan Yonif 735/Nawasena