Kakan Kemenag Malra Buka Dan Sampaikan Materi Pada Diklat Keluarga Sakinah

Humas Berita Utama 23 Oktober 2023 55 kali Kakan Kemenag Malra Buka Dan Sampaikan Materi Pada Diklat Keluarga Sakinah

LANGGUR-INMAS. 23 Oktober 2023 - Kakan Kemenag Maluku Tenggara, Ahmad Raharusun S.Pd M.Pd, hadir pada acara Pelatihan Keluarga Sakinah di Aula Kementerian Agama Malra, yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan Ambon. Dalam kesempatan ini, beliau tidak hanya membuka acara, tetapi juga memberikan materi yang sangat penting tentang Pembangunan Bidang Agama.
Dalam penyampaian materinya, Kakan Kemenag menyoroti pentingnya memahami relasi antara negara dan agama di Indonesia. Beliau menegaskan bahwa Indonesia adalah negara pancasila, yang menghormati dan mendukung peran agama dalam kehidupan masyarakat. "Kita bukan negara sekuler yang memisahkan negara dan agama, dan juga bukan negara agama atau teokratis. Indonesia adalah negara Pancasila, yang mengakui peran agama sebagai pilar moral dalam pembangunan masyarakat," ujar Ahmad Raharusun.
Selanjutnya Kakan Kemenag menyampaikan tentang hakikat pembangunan bidang Agama. Beliau menjelaskan bahwa pembangunan agama tidak hanya mencakup pembangunan fisik syang meliputi politik, sosial, ekonomi, pertahanan dan keamanan saja tetapi juga pembangunan nilai-nilai spiritual dan moral. "Pembangunan Agama adalah upaya untuk memperkuat integritas moral dan spiritual masyarakat. Agama adalah panduan etika yang memberikan makna pada kehidupan kita sehari-hari," tegasnya.
Selain itu, Kakan Kemenag Malra juga menguraikan 7 program prioritas Kementerian Agama, dengan penekanan khusus pada Moderasi Beragama yang mana Moderasi Beragama adalah landasan untuk membangun masyarakat yang beragam namun harmonis. Ini adalah prinsip utama dalam menjaga kerukunan antar umat beragama di Indonesia, sehingga para pemeluknya tidak ektrim dalam menjalankan ajaran agama, papar beliau.
Acara Pelatihan Keluarga Sakinah ini diikuti oleh Tokoh Agama yang berasal dari Kepulauan Aru, Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara. Semua peserta sangat antusias mendengarkan materi yang disampaikan oleh Kakan Kemenag Malra, dan beliau berharap peserta dapat mengaplikasikan pembelajaran ini dalam kehidupan sehari-hari mereka.
Pelatihan Keluarga Sakinah diharapkan akan menjadi tonggak penting dalam memperkuat pemahaman tentang peran agama dalam keluarga dan masyarakat, serta mendukung moderasi beragama yang menjadi landasan penting dalam menjaga harmoni dalam keberagaman Indonesia.