Kakan Kemenag Laporkan Detail Keberangkatan Jemaah Haji Maluku Tenggara

Humas Berita Utama 28 Mei 2024 159 kali Kakan Kemenag Laporkan Detail Keberangkatan Jemaah Haji Maluku Tenggara

Langgur - Inmas (28/5/2024) Kepala Kantor Kemenag  Maluku Tenggara Ahmad Raharusun, S.Pd., M.Pd., selaku Kepala Staf Penyelenggaraan Haji Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara, menyampaikan laporan dalam acara pelepasan jemaah haji yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Malra 28/5/2024. Laporan tersebut mengungkapkan detail persiapan keberangkatan jemaah haji dari wilayah Maluku Tenggara.

Menurut laporan yang disampaikan Raharusun, jumlah kuota jemaah haji Maluku Tenggara yang akan berangkat adalah sebanyak 84 kuota. Rinciannya terdiri dari 66 orang jemaah regular, 5 orang jemaah lansia, dan kuota tambahan sebanyak 13 orang. Dalam kuota tambahan tersebut, termasuk 3 orang jemaah penggabungan mahram dan 10 orang tambahan regular. Namun, terdapat dua perubahan mendadak karena satu orang meninggal dunia dan satu orang melakukan mutasi di Medan, sehingga total jemaah yang berangkat menjadi 82 orang.

Raharusun juga melaporkan bahwa jemaah haji Provinsi Maluku dibagi dalam tiga kloter, yaitu kloter 27, kloter 30, dan kloter 32. Jemaah haji Maluku Tenggara akan bergabung dalam kloter 30 bersama jemaah dari Seram Bagian Timur, Maluku Tengah, Buru, dan Tanimbar, dengan jumlah total 454 orang jemaah.

Rencana keberangkatan jemaah haji dijadwalkan pada 31 Mei 2024 pukul 11.30 WIT dari Bandara Ibra. Mereka akan menginap sementara di Balai Diklat BPSDM Provinsi Maluku di Wailela sebelum masuk ke asrama haji embarkasi haji antara Waiheru pada 1 Juni. Selanjutnya, pada 2 Juni, jemaah akan berangkat dari Bandara Pattimura Ambon dengan tiga pesawat Lion Air menuju Bandara Hassanudin Makasar. Perjalanan akan dilanjutkan ke Arab Saudi/Jeddah dengan pesawat Garuda/GIA no 1130 pada pukul 23.10. Diperkirakan, mereka akan tiba di Jeddah pada 3 Juni jam 05.05 Waktu Arab Saudi.

Dengan laporan ini, diharapkan semua pihak yang terlibat dapat mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik untuk memastikan kelancaran ibadah haji bagi para jemaah. Semoga perjalanan mereka diberkahi dan mereka dapat kembali dengan status haji mabrur.