Inspeksi ke MAN Maluku Tenggara, Kakan Kemenag Malra Minta Dewan Guru Maksimalkan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar

Bilsyah Berita Utama 22 Januari 2024 40 kali Inspeksi ke MAN Maluku Tenggara, Kakan Kemenag Malra Minta Dewan Guru Maksimalkan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar

Langgur-Inmas. 22/01/2024. Kakan Kemenag Maluku Tenggara, Ahmad Raharusun, S.Pd M.Pd, didampingi Kepala Seksi Pendidikan Islam Abdul Gani Reniwuryaan, melaksanakan inspeksi di Madrasah Aliyah Negeri Maluku Tenggara. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan penerapan kurikulum pembelajaran di kelas-kelas sekaligus mengevaluasi kedisiplinan guru dan pegawai.

Dalam inspeksi tersebut, Kakan Kemenag Ahmad Raharusun secara cermat memeriksa pelaksanaan kurikulum pembelajaran di setiap ruang kelas. Dalam arahannya kepada para guru, ia menegaskan pentingnya persiapan sebelum mengajar, terutama dalam penyusunan modul ajar.

"Modul ajar adalah kompas bagi setiap guru. Sebelum mengajar, persiapkan modul ajar dengan baik untuk memastikan pembelajaran lebih terarah dan sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan," ungkap Raharusun.

Kakan Kemenag juga menyoroti peran Wakasek Kurikulum dalam memaksimalkan penerapan teknis pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka. Ia mendorong agar terus dilakukan inovasi dan pelatihan teknis pelaksanaan Kurikulum Merdeka guna meningkatkan kualitas pembelajaran.

"Kurikulum Merdeka memberikan peluang untuk inovasi dan peningkatan kualitas pembelajaran. Saya berharap Wakasek Kurikulum dapat memaksimalkan penerapan teknis pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di MAN Maluku Tenggara," tambahnya.

Selain maslah penerapan kurikulum, Kakan Kemenag juga melakukan evaluasi terhadap kedisiplinan guru dan pegawai di MAN Maluku Tenggara. Upaya ini sebagai bagian dari komitmen untuk menjaga kualitas pendidikan dan memastikan lingkungan belajar yang kondusif.

"Kedisiplinan guru dan pegawai adalah cerminan dari kualitas sekolah. Saya berharap setiap individu di MAN Maluku Tenggara dapat menjaga disiplin dengan baik demi terciptanya lingkungan belajar yang efektif dan produktif," tegas Raharusun.

Kepala sekolah, para guru dan pegawai MAN Maluku Tenggara menyambut baik Sidak ini sebagai wujud dukungan dan perhatian dari Kakan Kemenag Malra dalam meningkatkan mutu pendidikan dan menciptakan atmosfer belajar yang lebih baik.