Implementasi Kurikulum Merdeka sebagai Paradigma Baru Demi Terwujudnya Kurikulum Merdeka melalui MGMP di MTs N 1 Maluku Tenggara

MTsN 1 Berita Utama 19 Agustus 2024 140 kali Implementasi Kurikulum Merdeka sebagai Paradigma Baru Demi Terwujudnya Kurikulum Merdeka melalui MGMP di MTs N 1 Maluku Tenggara Implementasi Penerapan Kurikulum Merdeka sebagai Paradigma Baru Demi Terwujudnya Kurikulum Merdeka melalui MGMP di MTs N 1 Maluku Tenggara

Maluku Tenggara, 19 Agustus 2024 – Dalam rangka pelaksanaan Kurikulum Merdeka sesuai dengan program Menteri Pendidikan Nadiem Makarim, seluruh sekolah di Indonesia, baik negeri maupun swasta, diharapkan untuk segera mengimplementasikan kurikulum merdeka ini.

Sebagai wujud nyata dari penerapan Kurikulum Merdeka, MTs N 1 Malra menggelar Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dengan materi yang terfokus pada CP (Capaian Pembelajaran),  TP (Tujuan Pembelajaran), ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran) Program Tahunan dan Program semester. Kegiatan ini dihadiri oleh para guru dari Madrasah - Madrasah di Kab. Maluku Tenggara dan dipandu oleh narasumber Bapak Rizaldi Kulle, S.Pd. seorang guru berpengalaman dari SMA N 1 Tual sebagai Instruktur program Pengimbas. Dalam sesi tersebut, Bapak Rizaldi menjelaskan pentingnya pemahaman yang mendalam mengenai CP, TP, ATP,  KKTP, Prota dan Prosem dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

“MGMP ini adalah langkah penting untuk memastikan bahwa setiap guru memiliki pemahaman yang jelas tentang materi kurikulum yang harus diajarkan, sehingga siswa dapat mencapai potensi terbaik mereka,” ujar Bapak Rizaldi. Dengan adanya MGMP ini, diharapkan para guru di Maluku Tenggara dapat lebih siap dan berdaya saing dalam menerapkan Kurikulum Merdeka, yang bertujuan untuk menciptakan proses belajar yang lebih fleksibel dan relevan bagi siswa. Kegiatan ini juga menjadi sarana berbagi pengalaman dan strategi pengajaran yang efektif antar guru.

Kedepannya, MTs N 1 Malra berkomitmen untuk terus menyelenggarakan kegiatan serupa guna mendukung pengembangan profesionalisme guru dan meningkatkan kualitas pendidikan di daerah tersebut.

#TimRedaksiMTsNegeri1MalukuTenggara#

Pewarta : Elvira, Editor : Athu, Foto : Athu