Gelar Pembinaan, Pengurus FKUB Tebar Pesan Kedamaian di Hadapan Siswa-Siswi MAN Maluku Tenggara

MAN Malra Berita Satker 23 April 2024 215 kali Gelar Pembinaan, Pengurus FKUB Tebar Pesan Kedamaian di Hadapan Siswa-Siswi MAN Maluku Tenggara

Langgur-Inmas, -- Selasa, (23/4/2024) Bertempat di Aula MAN Maluku Tenggara, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara bersama Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama dan Ketua Majelis Ulama Indonesia memberikan Pembinaan kepada ratusan siswa-siswi MAN Maluku Tenggara

Pembinaan ini merupakan salah satu program kerja yang diusung oleh FKUB Kabupaten Maluku Tenggara Tahun 2024. Dalam agendanya, FKUB akan memberikan pembinaan kepada 10 sekolah SMP/SMA/sederajat di Maluku Tenggara. MAN Maluku Tenggara dipilih sebagai sekolah pertama yang menjadi sasaran pembinaan. 

Dalam arahannya, sekretaris FKUB Drs. Jufri Renoat menyampaikan kepada siswa laki-laki agar jangan mudah terprofokasi dan terlibat dalam segala bentuk perkelahian. “Masa depan kalian jauh lebih berharga daripada kalian terlibat dalam perkelahian”, ujar Renoat.

Kepada siswa perempuan beliau berpesan dengan mengutip sebuah ungkapan dari Perdana Menteri Perempuan Pertama Inggris, Margaret Thatcher “Perhatikan apa yang kita pikirkan, karena itu akan keluar menjadi ucapan atau kata-kata. Perhatikan apa yang kita ucapkan, karena itu akan keluar menjadi tindakan atau perbuatan. Perhatikan apa yang kita lakukan, karena ketika itu diulang-ulang terus maka akan menjadi kebiasaan. Perhatikan kebiasaan kita mulai dari mata terbuka (bangun tidur) hingga tertutup kembali, karena itu akan menjadi karakter. Perhatikan karakter kita, karena demikianlah takdir kita. Kesimpulannya, apa yang kita pikirkan, demikian pula takdir kita.”

Sementara itu, Ketua MUI Kabupaten Maluku Tenggara, Bapak Drs. H. M. Zein Matdoan menekankan pentingnya dasar agama sebagai fondasi dalam kehidupan di masa depan. Beliau mengingatkan kepada seluruh siswa agar fokus menimba ilmu agama, memperbanyak hafalan Al Qur’an dan Hadis, terutama hadis arba’in.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Maluku Tenggara, Drs. Ahmad Raharusun, S.Pd., M.Pd., mengapresiasi agenda yang digelar oleh FKUB Maluku Tenggara. Dalam arahannya, beliau menyampaikan bahwa MAN Maluku Tenggara patut bersyukur karena MAN Maluku Tenggara menjadi sekolah pertama yang dikunjungi oleh para tokoh agama dari FKUB untuk memberikan pembinaan. 

Pada akhir acara, Kepala MAN Maluku Tenggara, Ahmad Seknun, S.Ag. menyampaikan terima kasih kepada FKUB atas pembinaan yang diberikan kepada siswa-siswi MAN Maluku Tenggara. “Ke depan, kami akan kembali mengundang para tokoh agama dari FKUB untuk memberikan pembinaan di waktu-waktu mendatang,” ujar Seknun dalam sambutannya. (FL)