Gelar apel Siaga Hari Santri, Kakan Kemenag Malra: Santri adalah Garda Terdepan Melawan Ketertinggalan

Humas Berita Utama 22 Oktober 2023 51 kali Gelar apel Siaga Hari Santri, Kakan Kemenag Malra: Santri adalah Garda Terdepan Melawan Ketertinggalan

Langgur-Inmas., 22 Oktober 2023 - Kementerian Agama Maluku Tenggara menggelar Apel Hari Santri Nasional yang berlangsung di Pesantren Nurul Jadid Desa Tetoat. Acara dihadiri oleh  Santriwan Santriwati Pesantren Nurul Jadid, Keluarga Besar Kemenag Malra, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat yang dipimpin oleh Inspektur Apel Kakan Kemenag Maluku Tenggara, Ahmad Raharusun S.Pd M.Pd.
Tema yang diangkat untuk Hari Santri Nasional tahun 2023 adalah "Jihad Santri Jayakan Negeri." Tema ini memiliki makna mendalam yang mencerminkan semangat dan dedikasi para santri sebagai pahlawan pendidikan dan perjuangan melawan kebodohan. Dalam era yang dipenuhi dengan tantangan dan kompleksitas, jihad tidak lagi hanya merujuk pada pertempuran fisik, melainkan juga pada perjuangan intelektual yang dipenuhi semangat.
Mengutip dari sambutan Kakan kemenag Malra bahwa Santri adalah Garda Terdepan dalam perang melawan ketidakpahaman, kebodohan, dan ketertinggalan. Dalam tradisi Islam, jihad intelektual dipandang sebagai cara untuk membela nilai-nilai keadilan, perdamaian, dan pengetahuan. Para santri adalah teladan dalam menjalani jihad ini, mereka tidak kenal lelah dalam mengejar pengetahuan dan kebijaksanaan sebagai senjata utama mereka.
Selanjutnya para peserta diajak untuk bersama-sama mendoakan para Pahlawan, terutama para Ulama, Kiai, dan Santri yang telah gugur di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama. Semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik di sisi Allah subhanahu wa ta'ala.
Acara Apel Hari Santri Nasional ini menjadi momentum penting untuk mengenang peran dan kontribusi para santri dalam menjaga dan melestarikan nilai-nilai keagamaan, kebijaksanaan, dan pengetahuan di tengah tantangan zaman yang terus berkembang. Semangat jihad santri menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terus berjuang dalam perjuangan intelektual demi kebaikan bangsa dan agama.
Setelah Apel, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Kantor beserta Ibu ketua DWP didampingi Kasubag TU dan Pejabat lainnya. selanjutnya para undangan dihibur dengan suguhan seni santriwan santriwati Pesantren Nurul Jadid Desa Tetoat dan diakhiri dengan makan siang bersama tamu undangan.