Buka Kegiatan STQ, Kakankemenag Malra Tekankan Pentingnya Pendidikan Al Quran bagi Generasi Muda

Humas Berita Utama 25 Januari 2024 46 kali Buka Kegiatan STQ, Kakankemenag Malra Tekankan Pentingnya Pendidikan Al Quran bagi Generasi Muda

Langgur-Inmas, 25/1/2024 - Kepala Kantor Kementerian Agama Maluku Tenggara, Ahmad Raharusun, S.Pd M.Pd, membuka acara Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) yang diselenggarakan oleh seksi Bimas Islam pada hari Kamis, 25 Januari 2024.

Acara pembukaan STQ yang dihadiri oleh 28 peserta dari 4 Kecamatan berlangsung di Masjid Ikhlas Beramal Kemenag Maluku Tenggara dan dihadiri oleh Pejabat Eselon IV, para pengasuh Taman Pendidikan Al Quran (TPQ), dan para peserta.

Dalam sambutannya, Ahmad Raharusun menekankan peran penting TPQ dan pengasuhnya dalam mendidik generasi muda dengan ajaran Al Quran. Ia menekankan perlunya para pengasuh TPQ untuk tetap istiqomah dalam mengajarkan Al Quran kepada anak-anak, sebagai langkah untuk mempersiapkan mereka sebagai generasi penerus bangsa.

"Pendidikan Al Quran tidak hanya sebatas pada kemampuan membaca, melainkan lebih jauh lagi dalam pemahaman nilai-nilai Al Quran. STQ ini tidak hanya sekadar ajang untuk menguji keindahan dalam membacakan Quran, tetapi juga sebagai sarana bagi anak-anak untuk memahami nilai-nilai luhur Al Quran," ujar Raharusun.

Ia juga menekankan pentingnya membumikan nilai-nilai Al Quran sesuai dengan harapan Rasulullah SAW. Dalam konteks ini, perlombaan STQ dianggap sebagai sarana untuk memotivasi anak-anak agar dapat menginternalisasi dan mengaplikasikan ajaran Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.

STQ ini memperlombakan 2 cabang, yaitu Tilawah Anak dan Tilawah Remaja, dan akan berlangsung selama 2 hari. Diharapkan acara ini dapat menjadi wahana yang bermanfaat bagi para peserta dalam meningkatkan pemahaman dan penghayatan terhadap Al Quran.