Bimbingan Rohani dan Karakter di SMP Kristen Dian, Penyuluh Agama Kristen Ajak Siswa Memiliki Sikap Rendah Hati

Kristen Berita Satker 09 September 2024 37 kali Bimbingan Rohani dan Karakter di SMP Kristen Dian, Penyuluh Agama Kristen Ajak Siswa Memiliki Sikap Rendah Hati Foto Bersama Siswa-Siswi SMP Kristen Dian

Langgur, Inmas, 09/09/2024. Penyuluh Agama Kristen Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara, Satlin Tamalanga, S. Th melakukan bimbingan rohani dan karakter di SMP Kristen Dian pada hari Jumat, 06/09/2024.

Tamalanga dalam bimbingannya mengajak para siswa agar memiliki sikap rendah hati. Nats yang mendasari materi bimbingan tersebut terambil dari Kitab Kejadian 11:1-9 mengisahkan tentang pembangunan menara Babel oleh manusia. Dikisahkan bahwa manusia bermufakat untuk membangun kota dengan sebuah menara yang sangat tinggi sehingga puncaknya sampai ke langit. Ketika dilihatnya usaha manusia itu, Tuhan mengacaukan bahasa mereka sehingga mereka tidak saling mengerti bahasa mereka.

“Melalui kisah ini, kita dapat menyaksikan peradapan manusia pada waktu itu cukup maju. Mereka dapat merancang dan membangun sebuah kota dengan menara yang sangat tinggi. Tetapi melalui kisah ini pun, kita dapat memetik pelajaran morilnya yaitu kesombongan dapat menghancurkan. Kehidupan ini adalah semata-mata hanya kasih karunia Tuhan. Segala yang kita miliki adalah pemberian Tuhan,” tutur Tamalanga.

Harapannya bahwa kegiatan pembinaan rohani dan karakter ini dapat membentuk generasi muda Kristen menjadi manusia Indonesia yang bukan hanya maju secara intektual tetapi juga berakhlak dan berbudi mulia. (HL)